tentang.co.idApa itu Human Resource

Human resource adalah orang yang melaksanakan pekerjaan atau tugas untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan dengan pengetahuan, keterampilan, dan bakatnya. Mereka menerima pembayaran dari perusahaan atas kontribusi mereka.

Setiap perusahaan, tidak peduli seberapa besar atau kecil, menggunakan berbagai jenis modal untuk beroperasi. Uang tunai, barang berharga, dan barang-barang yang digunakan untuk menghasilkan pendapatan untuk bisnis semuanya dianggap sebagai modal. Sebuah toko ritel, misalnya, menggunakan register dan inventaris, sedangkan perusahaan konsultan dapat memiliki perangkat lunak atau fasilitasnya sendiri.

Departemen sumber daya manusia sering bertanggung jawab atas perekrutan, pelatihan, permintaan penjadwalan, dan tugas manajemen tenaga kerja penting lainnya. Sebuah perusahaan besar mungkin memiliki seluruh tim yang didedikasikan untuk arena ini, sedangkan perusahaan yang lebih kecil mungkin hanya memiliki satu atau dua orang. Tidak peduli ukuran tim SDM, ini adalah peran penting dalam bisnis apa pun. Sumber daya manusia atau SDM adalah departemen perusahaan yang bertugas menemukan, menyaring, merekrut, dan melatih pelamar kerja, dan mengelola program manfaat karyawan.

Tugas Dari Human Resource

Sebelum membahas mengenai apa itu aplikasi HRD atau yang sering disingkat dengan sebutan HRM Indonesia, pertama-tama mari kita mengenal terlebih dahulu beberapa tugas dari seorang Human Resource. Berikut adalah beberapa tugas dari seorang Human Resource atau yang sering dikenal dengan sebutan HR.

Salah satu tugas dari HR adalah merekrut karyawan baru dan menetapkan tempat kerja pada karyawan baru tersebut. Selama masa perekrutan calon karyawan tersebut seorang HR akan menyeleksi semua aspek pada calon karyawan perusahaan sampai mendapatkan seorang karyawan yang benar-benar cocok. HRD umumnya merekrut dan bekerja dengan manajemen untuk merekrut dan merekrut karyawan baru. HRD akan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa organisasi tidak melakukan diskriminasi berdasarkan usia, ras, agama, jenis kelamin, preferensi seksual, pandangan politik, dll. dan bahwa pewawancara tidak mengajukan pertanyaan yang tidak pantas. HR juga bekerja dengan agen tenaga kerja sementara atau kontrak untuk kebutuhan mendesak atau posisi yang sulit diisi.

Tugas berikutnya adalah melakukan pelatihan atau pengajaran kepada karyawan perusahaan. Baik itu karyawan baru maupun karyawan lama dalam menghadapi pembaharuan kebijakan oleh perusahaan atau tempat kerja. Sebagai aturan, HRD dapat memperpanjang penawaran, menangani negosiasi, dan mengirimkan kontrak karyawan dan informasi manfaat, serta mengelola dan melakukan orientasi umum karyawan.

Tugas berikutnya dari seorang HR adalah memastikan tidak ada karyawan yang saling bermasalah atau menciptakan ruang kerja yang harmonis antara setiap karyawan. Ini agar hasil dari pekerjaan setiap karyawan bisa maksimal. Organisasi mungkin memiliki departemen Hubungan Karyawan yang menangani konflik internal serta pemutusan hubungan kerja dan banding. Jika terjadi perampingan perusahaan, mereka akan mengelola paket pemisahan dan berkorespondensi dengan perusahaan outsourcing serta Departemen Pengangguran.

Tugas berikutnya seorang HR adalah memastikan keselamatan setiap karyawannya baik saat bekerja di kantor atau sedang turun lapangan selama jam kerja. Hal ini karena seorang HR harus bertanggung jawab penuh atas semua yang terjadi pada karyawannya. HR meneliti rencana tunjangan karyawan, seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, cacat jangka pendek dan jangka panjang, rencana pensiun dan kendaraan pensiun lainnya, serta diskon perusahaan dengan vendor lokal, menyajikan kepada pimpinan, dan mengelola rencana yang dipilih. Mereka juga mengembangkan kebijakan yang terkait dengan liburan dan waktu sakit dan/atau FMLA dan mengelola bank waktu tersebut dan dokumentasi terkait; ini biasanya dikelola di departemen Manfaat SDM bekerja sama dengan Penggajian dan Hukum.

Tugas terakhir dari seorang HR adalah menghitung gaji serta tunjangan bagi seorang karyawan. Setiap karyawan memiliki pekerjaan yang berbeda-beda, jadi HR harus pintar-pintar dalam memberi penilaian. HRD biasanya menetapkan kisaran gaji untuk pekerjaan, memberi saran kepada manajer tentang apa yang harus ditawarkan, dan mengawasi kesetaraan kompensasi internal. HRD akan merekomendasikan klasifikasi pekerjaan yang terkait dengan gaji atau per jam dan apakah seorang karyawan memenuhi syarat untuk lembur atau perbedaan shift. Mereka mungkin menawarkan pendapat kepada pimpinan tentang kenaikan gaji tahunan dan mengelola penghargaan dan komunikasi tersebut. Dalam organisasi besar, ini akan menjadi departemen Kompensasi HRD. Penggajian mungkin di bawah HRD atau Keuangan/Akuntansi.

Apa Itu Human Resource Management?

Human Resource Management adalah sebuah metode yang dibuat untuk mengolah sumber daya manusia dalam hal ini adalah karyawan yang ada pada sebuah perusahaan atau tempat kerja. Sebuah perusahaan atau tempat kerja pasti menginginkan hasil yang optimal, oleh sebab itu muncullah HRM yang bisa membantu mencapai hasil optimal itu.

HRM ini diciptakan untuk memaksimalkan kinerja seorang karyawan secara efektif agar apa yang dikerjakan bisa diperoleh secara maksimal. Selain itu tujuan dari dibuatnya HRM itu sendiri adalah untuk mencapai tujuan dan cita-cita dari sebuah perusahaan atau tempat kerja.

Secara gampangnya sebuah HRM Indonesia akan memanfaatkan keahlian setiap karyawan dan menempatkannya di bidang yang benar-benar cocok dengan keahliannya. Hasilnya karyawan tersebut dapat bekerja dengan efektif dan tentunya hasil pekerjaan karyawan tersebut juga bisa lebih optimal.

Konsep dari HRM sendiri adalah manusia merupakan sebuah sumber yang bisa habis jika terlalu sering dipakai dalam berpikir. Oleh sebab itu wajar saja jika dilakukan perekrutan karyawan baru untuk menutupi kekurangan yang dimiliki oleh karyawan sebelumnya.

Bahkan HRM akan membagi karyawan-karyawan tersebut menjadi beberapa kelompok. Dari kelompok-kelompok tersebut diharapkan dapat memiliki sumber daya berkualitas dan tentunya memiliki skill yang cocok dengan keperluan perusahaan.

Manfaat Dari aplikasi HRD

Ada beberapa manfaat dari penggunaan aplikasi HRD atau yang sering disingkat dengan sebutan HRM. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh sebuah perusahaan jika menggunakan aplikasi hrd HRM.

Dengan adanya HRM membuat seorang HR pasti mencari seorang karyawan yang benar-benar masuk ke dalam kategori yang dibutuhkan tersebut. Oleh sebab itu wajar saja jika dengan adanya aplikasi hrd HRM membuat sebuah perusahaan bisa mencapai targetnya dengan mudah.

Karena pada dasarnya aplikasi hrd akan membuat seorang karyawan bekerja pada bidangnya sehingga waktu yang diperlukan juga tidak terlalu banyak. Hal ini sangat berbanding terbalik jika seorang karyawan diberikan tugas di luar kemampuannya karena dia akan memerlukan waktu yang lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Salah satu manfaat dari aplikasi HRD adalah bisa memberikan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini akan menghasilkan karyawan baru yang benar-benar cocok untuk mengisi kekosongan yang ada pada perusahaan atau tempat kerja tersebut.

Pada penjelasan-penjelasan sebelumnya sudah disinggung bahwa dengan HRM seorang karyawan akan bekerja pada bidang keahliannya. Hal ini secara tidak langsung akan membuat karyawan tersebut bekerja lebih optimal dan mengeluarkan potensi atau kemampuan terbaiknya.

Dan manfaat yang terakhir dari aplikasi hrd adalah membantu para petinggi perusahaan dalam mengurus karyawan dengan baik. Ini terjadi karena HRM akan mengarahkan para karyawan untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan mereka dengan baik tanpa perlu menerima perintah yang terlalu banyak dari atasan.

Indikator yang Ada Didalam Sebuah Aplikasi HRD

Setelah mengetahui manfaat dari aplikasi HRD selanjutnya mari kita bahas beberapa indikator yang ada di dalam sebuah HRM. Langsung saja berikut adalah beberapa indikator tersebut.

Indikator pertama yang harus ada di dalam sebuah aplikasi HRD adalah job analysis. Job analysis dianggap sangat penting karena tugasnya adalah untuk meneliti keperluan yang dibutuhkan di dalam sebuah perusahaan atau tempat kerja yang berhubungan dengan sumber daya manusia atau karyawan.

Dimana job analysis akan benar-benar melakukan reset ke beberapa bidang atau sektor untuk mendapatkan apa yang diperlukan oleh bidang-bidang tersebut. Jika sudah didapatkan maka job analysis akan menentukan berapa jumlah karyawan yang dibutuhkan agar bisa mengisi kekurangan tersebut.

Berikutnya adalah sebuah proses untuk mencocokkan kebutuhan sebuah perusahaan dengan posisi pekerjaan yang kosong. Selain itu waktu yang diperlukan berapa lama serta berapa jumlah kebutuhan sumber daya manusia yang dibutuhkan. Gampangnya pada tahap ini perusahaan akan melakukan diskusi untuk menerima calon karyawan yang seperti apa.

Indikator selanjutnya dari aplikasi HRD atau HRM Indonesia adalah rekrutmen atau proses penerimaan. Recruitment sendiri adalah sebuah proses penyeleksian karyawan baru yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau tempat kerja dengan beberapa aspek yang sudah disepakati pada indikator sebelumnya yaitu Human Resource Planning.

Indikator yang terakhir adalah selection atau penyeleksian karyawan baru. Biasanya akan dilakukan seleksi besar-besaran untuk mendapatkan beberapa orang yang dianggap cocok oleh pihak perusahaan. Wajar saja jika orang-orang yang terpilih memiliki kualitas yang tepat karena sudah dilakukan penyeleksian dalam beberapa aspek.

Nah, itu dia beberapa penjelasan seputar Human Resource (HR) dan aplikasi HRD atau yang sering dikenal dengan istilah HRM Indonesia. Untuk lebih mengetahui seputar aplikasi HRD anda bisa menggunakan Talenta by Mekari dari smartphone ataupun komputer anda.

Talenta adalah salah satu merk aplikasi HRD, yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Aplikasi HRD biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee-self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Talenta.co . Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.***