tentang.co.id – Dashboard HR juga bisa diartikan sebagai laporan ringkasan yang dapat diakses oleh HR atau pimpinan perusahaan, yang akan menampilkan informasi lengkap tentang karyawan secara real-time. Melalui dashboard HR juga Anda bisa melihat absensi karyawan, performance karyawan, dan analitik laporan lainnya. Di dalam dashboard HR biasanya terdapat data dan visualisasi yang lengkap dan jelas, sehingga dengan adanya HR dashboard ini, pekerjaan HR akan dipermudah.

Dengan HR dashboard, HR dapat mempersingkat waktu dalam mengelola dan menganalisis data yang biasanya akan memakan waktu lama dan menghambat produktivitas HR. Dashboard HR juga bisa membantu memudahkan departemen HR untuk proses rekrutmen, manajemen kinerja yang optimal, mempertahankan produktivitas, merekap absensi, membuat pengumuman, serta mengelola data. Untuk mengetahui apa itu HR dashboard lebih dalam, simaklah penjelasan di bawah ini.

Apa Itu HR Dashboard?

HR Dashboard adalah alat intelijen bisnis yang dapat digunakan tim SDM untuk melacak, menganalisis, dan melaporkan KPI SDM. Dashboard ini memanfaatkan platform analitik SDM yang akan memudahkan dalam menyatukan data dari seluruh sistem.

Dashboard HR digunakan untuk memantau kegiatan & kinerja karyawan secara real-time. Hal ini sangat membantu pihak HR dalam kemudahan proses rekrutmen, mengatur kinerja agar lebih optimal serta membantu mempertahankan bahkan meningkatkan produktivitas. Dalam dashboard ini juga absensi dapat direkap, dan data dikelola.

HR Dashboard Sebagai Sarana Pemantauan Kinerja Karyawan

Dengan HR dashboard, manajer HR dapat memantau kehadiran & kinerja karyawan secara real-time untuk meningkatkan produktivitas dari para karyawan. Dalam dashboard ini juga, HR dapat mengantisipasi segala hal pada situasi apapun melalui pemantauan yang dilakukan.

Mengatur Proses Persetujuan Dengan Otomatis Sehingga Tidak Membutuhkan Waktu Lama

Tanpa adanya HR dashboard, untuk mengajukan cuti, perizinan, lembur dan lain sebagainya, membutuhkan waktu yang lama. Karena kebanyakan surat perizinan tersebut dibuat di kertas. Sedangkan HR tidak memiliki banyak waktu untuk langsung membacanya satu per satu dan berakibat kertas tersebut menumpuk yang membuatnya semakin lama karena menunggu proses antrian. Dengan dashboard HR, untuk mengajukan persetujuan cuti, lembur atau perizinan lainnya dari karyawan tidak membutuhkan waktu lama karena hal tersebut akan diakses secara otomatis. Sehingga tidak ada lagi kata menunggu persetujuan HR hingga berminggu-minggu lamanya.

Sebagai Penyambung Informasi Antara HR dan Karyawan

Miskomunikasi menjadi kendala yang sangat fatal jika terjadi dalam perusahaan. Karena kurangnya informasi membuat pekerjaan jadi terhambat. Namun, dengan HR dashboard Anda dapat menyebarkan informasi & pengumuman apa saja kepada seluruh karyawan pada saat yang bersamaan sehingga dapat mencapai produktivitas yang maksimal tanpa adanya kesalahan informasi atau pun miskomunikasi.

Sebagai Laporan Otomatis

Pengumpulan data di dalam perusahaan masih membutuhkan waktu yang lama karena sulitnya mengumpulkan banyak data. Terutama di perusahaan besar yang bahkan ada hingga ribuan data. Tentu tidak membutuhkan waktu yang sebentar untuk mengumpulkannya. Mungkin bisa memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Itulah kendala yang terjadi saat pembuatan laporan perusahaan.

Sebagai solusinya, HR dashboard dapat membuat laporan otomatis tanpa mengumpulkan data satu per satu. Karena pengumpulan data tidak dilakukan secara manual, melainkan dengan otomatis. Sehingga Anda bisa mendapatkan laporan komprehensif dengan lebih efisien dan hemat waktu.

Keunggulan HR Dashboard

Sekarang masih menggunakan yang manual? Proses manual termasuk mengelola data dan lain sebagainya akan cukup rumit dan sangat memakan waktu jika dilakukan secara manual. Belum lagi, adanya risiko kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi. Maka akan lebih baik, untuk beralih menggunakan platform-platform yang bisa membantu meringankan pekerjaan, termasuk dengan menggunakan dashboard HR. Karena selain cepat, dengan menggunakan platform ini pekerjaan akan lebih efisien dan efektif. Juga membantu pekerjaan sehingga akan memudahkan para karyawan untuk lebih fokus pekerjaan yang lainnya. Sehingga tidak ada pekerjaan yang terhambat dan semuanya bisa selesai tepat waktu. Dengan begitu, perusahaan juga bisa semakin maju seiring dengan meningkatnya produktivitas yang ada di perusahaan tersebut.

Karena memanfaatkan teknologi terkini, HR dashboard memiliki banyak keunggulan, diantaranya yaitu:

Tingkat Keamanan Yang Cukup Tinggi

HR dashboard saat ini sudah disertai dengan ISO27001. Sehingga akses untuk membuka database dan seluruh informasi lainnya akan lebih terjamin keamanannya. Maka, dengan memakai platform ini, Anda tidak perlu khawatir data karyawan ataupun seluruh informasi yang ada di perusahaan akan bocor. Karena dashboard ini sudah terbukti aman dan terjamin kerahasiaannya. Cocok untuk Anda yang sangat menjaga privasi data perusahaan dan data karyawan.

Pengelolaan Lebih Mudah dan Hemat Biaya

HR dashboard secara otomatis membantu pengelolaan dan pengumpulan data, memudahkan pekerjaan HR, dan membantu menyebarkan informasi penting kepada seluruh perusahaan dengan waktu yang sangat singkat. Sehingga pekerjaan apapun tidak akan memakan waktu yang lama, efisien, efektif dan mudah. Meskipun begitu, dengan memanfaatkan HR dashboard dana yang dikeluarkan tidak begitu banyak dan tidak terlalu memerlukan update management setiap saat. Sangat diuntungkan mengingat HR dashboard memiliki fitur-fitur yang membantu perusahaan yang mana jika dikerjakan secara manual akan membutuhkan waktu yang lama, lebih rumit, rawan terjadi kesalahan, dan akan membutuhkan biaya yang lebih besar. Dashboard HR ini memang sangat bermanfaat. Bisa memangkas waktu dan administrasi, tetapi bisa memaksimalkan produktivitas.

Manfaat Yang Bisa Didapatkan Dengan HR Dashboard

Tidak berhenti disitu saja, HR dashboard memiliki banyak manfaat lain bagi penggunanya. Adapun manfaat-manfaat tersebut antara lain, yaitu:

Karena HR dashboard membantu pekerjaan HR. Maka HR bisa lebih fokus untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan lainnya, baik dalam proses bisnis maupun pengembangan tenaga kerja.

Tugas seorang HR itu sangat banyak. Masalah perusahaan, karyawan, mengurusi data-datanya, dan terkadang masih ditambah lagi dengan laporan-laporan perizinan, surat permohonan cuti, surat persetujuan untuk lembur, dan lain sebagainya. Sehingga kadang-kadang hal tersebut membuat pekerjaan HR jadi terhambat. Saat menggunakan platform dashboard HR ini, pekerjaan HR dapat dipangkas menjadi lebih sedikit. Dengan hal itu, HR dapat memfokuskan dirinya untuk mengerjakan pekerjaan lain, sehingga pekerjaannya bisa selesai tepat waktu. Dan tentunya hal itu sangat berpengaruh untuk meningkatkan produktivitas perusahaan.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dengan platform HR dashboard ini, produktivitas perusahaan ini dapat meningkat. Karena pekerjaan para karyawan itu dibantu dengan dashboard HR. Sehingga pekerjaan mereka bisa terpangkas. Dan jika sebelumnya pekerjaan mereka menumpuk banyak, dengan platform HR dashboard ini, mereka bisa lebih fokus untuk mengerjakan pekerjaan yang lain. Sehingga ketika semuanya bisa selesai tepat waktu dapat berimbas baik untuk kemajuan peningkatan produktivitas perusahaan.

Karena sifatnya yang online dan dapat diakses kapan saja dan dari mana saja, dengan bantuan internet yang baik dan jaringan yang bagus sangat mudah untuk memperbaharuinya. Bahkan kurang dari semenit. Dalam hitungan detik saja, data-data dan informasi yang ada dapat diperbarui. Sangat cepat karena hal ini tidak dilakukan secara manual, melainkan otomatis. Integrasi dan kecepatan ini dapat menghemat waktu dan usaha agar tidak perlu menotifikasi divisi-divisi terkait setiap ada perubahan data.

Daripada menginput data dengan cara manual, banyak sekali fitur-fitur yang dapat digunakan hanya dari satu platform. Lebih cepat, lebih efisien, lebih efektif dan tentunya lebih murah karena dengan sekali bayar, Anda dapat menikmati banyak sekali fitur yang ada di platform HR dashboard ini. Biaya operasional yang perusahaan Anda perlu keluarkan akan semakin minim, dan tentu perusahaan Anda tidak akan rugi sama sekali dengan hal itu.

HR Dashboard Unggul Dengan Mekari Talenta

Tidak semua platform HR dashboard memiliki keunggulan yang banyak seperti penjelasan di atas. Apalagi dengan sistem keamanan tinggi, keakuratan dan kecepatan dalam menghimpun data dan lain sebagainya. Dengan begitu Anda perlu pintar-pintar memilih platform HR dashboard manakah yang cocok dan sesuai dengan perusahaan Anda.

Anda dapat memilih platform HR dashboard dari Mekari Talenta sebagai pilihan pertama. Mekari Talenta memiliki platform HR dashboard yang unggul dengan fitur lengkap yang akan mempermudah pekerjaan HR dan mempercepat sistem kerja dalam perusahaan Anda. Sehingga produktivitas dalam perusahaan Anda juga akan maksimal, menjadi semakin cepat. Di sana juga terdapat fitur-fitur lain yang mana fitur tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Terutama dari segi jumlah karyawannya. Di mana kebanyakan perusahaan hanya membutuhkan sedikit fitur, sedangkan perusahaan besar membutuhkan lebih banyak fitur seperti fitur absensi, jadwal kerja, pergantian shift, cuti, lembur, perizinan, dan juga hal yang lainnya.

Untuk dapat mengakses platform HR dashboard dari Mekari Talenta, Anda dapat membuka secara langsung melalui website dari google atau mengaksesnya langsung melalui aplikasi yang bisa Anda download di play store. Banyak sekali keuntungan yang Anda dapatkan dari HR dashboard talenta. Dijamin tidak akan menyesal, maka dari itu silahkan mencoba.***