tentang.co.id – Wall Street dibuka menguat pada sesi perdagangan awal pekan hari ini jelang rilis data inflasi Amerika Serikat.

Dow Jones Industrial Average naik 128 poin, atau 0,4%.Sementara indeks S&P 500 naik 0,6%, dan Nasdaq Composite bertambah 0,6%

Pasar saham bergejolak menjelang pertemuan bank sentral AS, The Fed pada 20-21 September 2022. Investor menanti keputusan Jerome Powell dkk mengenai kenaikan suku bunga. Hingga saat ini pasar melihat peluang kenaikan suku bunga sebesar 75 basis poin.

Akan tetapi investor masih tetap mencermati rilis inflasi yang akan dirilis pada hari Selasa, diharapkan akan melandai pada Agustus dengan inflasi sebesar 8,1% year-on-year/yoy, dibandingkan dengan 8,5% yoy pada Juli.

Bank Sentral Eropa mengumumkan kenaikan suku bunganya sebesar 75 basis poin minggu lalu, yang telah membantu mendinginkan kenaikan dolar AS baru-baru ini.

“Kami melihat penurunan harga ekuitas dan koreksi dolar baru-baru ini berlanjut hingga minggu ini, karena pasar mengamati puncak hawkish bank sentral jangka pendek dan posisi relatif defensif,” kata ahli strategi Citi Ebrahim Rahbari dalam sebuah catatan kepada klien.

Minggu ini, investor pun menantikan laporan indeks harga konsumen Agustus, yang dijadwalkan akan dirilis Selasa.Laporan tersebut adalah salah satu bagian terakhir dari data inflasi yang akan dilihat Fed menjelang pertemuan September.Penjualan ritel dan laporan produksi industri akan dirilis Kamis.

TIM RISET CNBC INDONESIA