tentang.co.id – Google Ads adalah sebuah platform yang disediakan oleh google untuk memungkinkan kamu memasang iklan tentang produk barang atau jasa di internet. Dalam laman resminya, Google menjelaskan bahwa Google Ads dapat membuat perusahaan lebih sukses dengan strategi promosi tertentu.

Google Ads adalah salah satu metode periklanan online berbayar yang paling efektif. Hal ini membantu dunia pemasaran menjadi berubah dramatis dalam beberapa tahun terakhir, dan Google Ads adalah salah satu platform yang mendorong transformasi ini.

Kini bisnis apapun dapat dijangkau siapa pun dan di mana pun, menggunakan Google. Calon konsumen dapat menelusuri informasi, produk, dan layanan secara online.

Jika digunakan dengan benar, Google Ads mampu merekomendasikan produk yang calon konsumen butuhkan. Berikut penjelasan lengkap mengenai Google Ads.

Google Ads adalah program periklanan online Google. Melalui Google Ads, kamu dapat membuat iklan online untuk menjangkau orang-orang tepat saat mereka tertarik pada produk dan layanan yang kamu tawarkan.

Google Ads adalah produk yang dapat kamu gunakan untuk mempromosikan bisnis, membantu menjual produk atau layanan, meningkatkan brand awareness, dan meningkatkan traffic ke situs penjualanmu.

Akun Google Ads dikelola secara online, sehingga kamu dapat membuat dan mengubah kampanye iklan kapan saja, termasuk teks iklan, pengaturan, dan anggaran. Kamu dapat menentukan iklan sesuai budget, memilih dimana iklan muncul, dan mengukur pengaruh iklan dengan mudah.

Hampir setiap kali kamu melihat iklan pada halaman pertama di pencarian Google, itulah wujud dari Google Ads (sebelumnya dikenal sebagai Google AdWords). Untuk memanfaatkan platform ini, kamu harus membayar iklan Google agar bisnis ditampilkan ke pelanggan yang menelusuri laman yang relevan di Google.

Google Ads adalah alat pemasaran digital utama untuk bisnis apa pun yang ingin mendapatkan salinan iklan yang bermakna di depan audiens targetnya. Melalui Google Ads, kamu dapat membayar untuk hasil aktual dan terukur, seperti klik situs web dan informasi bisnis lainnya.

Struktur ini dikenal sebagai kampanye bayar per klik. Kamu dapat menetapkan batas pembelanjaan iklan kampanye Google Ads bulanan secara otomatis, dan kamu dapat memilih untuk menjadikan audiens target iklanmu global atau lokal.

Saat kamu memulai beriklan di Google Ads, pertama-tama kamu akan memberitahu Google yang mana dari tiga sasaran berikut yang ingin dicapai:

Semakin banyak orang mengklik iklanmu, maka bisnismu akan menjangkau pembeli dengan wilayah yang lebih luas.

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan Google Ads dalam strategi pemasaran digital:

Google Ads adalah salah satu alat terbaik untuk melihat prospek. Jika iklan pemasaranmu disiapkan dengan benar, iklan berpotensi mengirimkan prospek yang sangat bertarget ke situs web, formulir keikutsertaan, atau properti online yang sudah kamu buat.

Google Ads bisa menjadi alat yang sangat membantu UMKM menjual produk barang atau jasa yang tidak memiliki jangkauan luas dan pengunjung website yang tinggi. Google Ads memungkinkan kamu untuk fokus pada orang-orang yang menelusuri penawaran bisnismu. Ini berarti kamu dapat terus mempersempit pencarian sehingga iklan akan menyasar calon pembeli yang membutuhkan produkmu.

Siapa pun yang menggunakan Google Ads dengan konsisten akan membuktikan bahwa Google Ads adalah platform pemasaran yang fleksibel. Google Ads cocok untuk semua jenis perusahaan. Platform ini kompatibel dengan berbagai pemasaran dan sistem perangkat lunak lainnya.

Kamu dapat dengan mudah menyesuaikan iklan untuk fokus pada jenis pengguna online tertentu. Misalnya, dapat menargetkan orang berdasarkan lokasi, jenis perangkat yang mereka gunakan, dan situs web milik Google yang mereka akses (misalnya, penelusuran Google, Google Maps, YouTube).

Google Ads memberikan kesempatan untuk pengiklan kecil menjual produk barang atau jasa untuk menampilkan iklan mereka hanya di lokasi tertentu. Kamu juga dapat menetapkan budget sendiri untuk iklan tertentu. Misalnya, kamu dapat menetapkan budget harian dan jumlah yang bersedia belanjakan untuk klik kata kunci tertentu.

Tidak seperti strategi pemasaran lainnya, Google Ads membuat kamu membayar iklan yang diklik orang. Setelah kamu mengoptimalkan iklan Google Ads, kamu bisa mendapatkan laba atas investasi yang tinggi, yang mungkin tidak dapat dilakukan dengan strategi pemasaran lainnya.

Namun, ini membutuhkan waktu dan kamu harus mencari tahu pendekatan mana yang cocok untuk bisnismu. Google Ads punya hasil riset yang sangat transparan, dengan informasi yang lengkap.

Google Ads dikenal memberikan hasil dan laporan iklan dengan cepat dan langsung. Sangat mudah untuk menganalisis kemajuan iklan karena adanya semua informasi seperti iklan yang diklik atau kata kunci yang dimasukkan pengunjung situs web. Fitur-fitur ini membuat Google Ads menjadi sistem yang sangat transparan.

Memahami audiens akan membuat lebih mudah untuk berurusan dengan pelanggan dan mencari tahu apa yang mereka inginkan. Google Ads menghasilkan informasi tentang kebiasaan pelanggan.

Beberapa data berharga yang memungkinkan Google Ads mempelajari tentang pelanggan mencakup kata kunci yang digunakan untuk menemukan situs web, lokasi, perangkat yang mereka gunakan, serta waktu dan hari yang mereka telusuri.

Kamu dapat menggunakan informasi ini untuk meningkatkan produk dan layanan, serta untuk menyempurnakan upaya pemasaran sehingga kamu tidak membuang-buang uang untuk beriklan kepada orang-orang yang tidak tertarik dengan apa yang kamu tawarkan. Google Ads adalah salah satu alat periklanan paling kuat yang pernah dibuat.

Dilansir dari Modul Google Ads untuk Bisnis Online Pelatihan UMKM By idEA (Asosiasi E-Commerce Indonesia bersama BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi & Informatika) KOMINFO, berikut ini contoh tampilan Google Search Ads. Pelanggan akan diarahkan pada iklan yang relevan dengan kata yang sedang dicarinya.

Berikut ini contoh tampilan Google Display Network. Disini, pelanggan akan diarahkan pada iklan pada laman yang sedang dikunjunginya.

Nah detikers, itulah tadi pengetahuan lengkap mengenai Google Ads. Mudah dipahami bukan? Kamu bisa beriklan di Google Ads untuk menaikkan penjualan usahamu. Semoga membantu, ya!