tentang.co.id – Pernahkah Anda mendengar istilah dan peran account manager? Menurut Investopedia, account manager adalah jabatan dalam dunia kerja setara manajer yang bertanggung jawab mengelola akun klien bisnis.

Account manager juga dapat disebut sebagai representasi perusahaan dan paling sering berinteraksi dengan klien. Perusahaan mengandalkan account manager dengan harapan dapat memenuhi dan memastikan kebutuhan klien tercukupi.

Pada umumnya, account manager memiliki latar belakang di bidang keuangan atau bisnis dan berasal dari lulusan sarjana.

Menurut Resources Workable, berikut adalah peran dan tanggung jawab seseorang yang bekerja sebagai Account Manager:

Setelah mengetahui peran dan tanggung jawab Account Manager, dapat disimpulkan bahwa peran tersebut membutuhkan kemampuan khusus. Berikut adalah skill yang dibutuhkan seorang Account Manager:

Kemampuan komunikasi sangat dibutuhkan untuk menjadi account manager, terlebih komunikasi yang sifatnya persuasif dan mampu mengajak atau melobi klien untuk bekerjasama dengan perusahaan. Selain komunikasi, menjadi pendengar yang baik juga dibutuhkan untuk memahami secara detail setiap keinginan klien.

Skill yang dibutuhkan seorang account manager selanjutnya adalah mampu melihat peluang dalam berbisnis. Hindari mengambil sikap ‘menunggu bola;, melainkan harus menjemput peluang yang menguntungkan bisnis dan perusahaan.

Kemampuan melihat peluang dapat dilatih dengan cara melakukan penelitian untuk mengidentifikasi pasar dan menemukan insight yang bisa diterapkan untuk proses negosiasi.

Mengasah kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik juga dibutuhkan seorang Account Manager. Sebab, beberapa sebagian tugas dan pekerjaan membutuhkan estimasi waktu yang bisa diterima oleh pihak perusahaan dan klien.

Misalnya, Account Manager yang menawarkan estimasi waktu untuk membuat iklan televisi. Mulai dari proses pembuatan rancangan hingga iklan diproduksi, dibutuhkan waktu yang efisien dan realistis.

Seorang Account Manager tidak hanya bertanggung jawab kepada perusahaan melainkan juga kepada para klien. Singkatnya, Account Manager memiliki fungsi menjaga citra perusahaan di hadapan klien dan menghindari membuat kesalahan yang berdampak terhadap penilaian perusahaan.

Untuk mencegah kesalahan terjadi, Account Manager harus memperhatikan detail dan teliti terhadap setiap pekerjaan yang dilakukannya.

Demikian informasi tentang peran account manager beserta tanggung jawab dan kemampuan yang harus dimiliki. Skill yang sudah disebutkan di atas adalah kemampuan dasar yang harus dikuasai Account Manager.