tentang.co.id – PT Pertamina Trans Kontinental (PTK), bagian dari PT Pertamina International Shipping subholding Integrated Marine Logistics (PIS SH IML) melakukan “rebranding” tiga anak usahanya.

Upaya tersebut dalam rangka menuju perusahaan bisnis pelayaran dan jasa maritim kelas dunia pada 2026 serta beradaptasi dalam era revolusi industri 4.0.

Tiga anak usaha PTK yang di-rebranding yakni sebagai berikut. Peteka Karya Jala, yang bergerak di bisnis dredging, fresh water, under water services, waste management, dan EPC, menjadi Pertamina Marine Engineering.

Peteka Karya Gapura, yang bergerak di bidang perdagangan, pengawakan, pengelolaan kapal, dan general service, menjadi Pertamina Marine Solutions.

Peteka Karya Samudera, yang bergerak di bisnis jasa kepelabuhanan, jasa bongkar muat, kapal, Oil Spill Response (OSR) dan pergudangan atau logistik, menjadi Pertamina Port and Logistics.

PTK juga melakukan perubahan logo dengan menyertakan logo Pertamina.

“Dari sisi visi misi PTK memang tidak ada perubahan. Namun kami memutuskan untuk membawa nama Pertamina sebagai brand guna memperkuat brand equity kita. Rebranding ini akan membantu PTK untuk semakin mendapatkan kepercayaan, baik dari para pelanggan maupun para stakeholders karena brand Pertamina sudah sangat kuat dan terpercaya,” kata Direktur Utama PTK Nepos MT Pakpahan melalui keterangannya, Senin (12/9/2022).

Menurut dia, rebranding ini perlu demi memperkuat reputasi kompetensi anak perusahaan PTK dalam melakukan pelayanan untuk cakupan internasional. Dari sisi pemasaran, strategi ini diharapkan bisa meningkatkan pangsa pasar captive maupun non-captive.

“Intinya kita harus melakukan pembaruan, karena tanpa pembaruan bisnis bisa mati. Kita banyak mengambil pelajaran dari brand-brand global yang dulu digdaya, namun tanpa pembaruan mereka tidak bisa bangkit lagi,” tambah Nepos.

Mengusung “Sailing Beyond Border” sebagai jargon dalam perjalanannya mewujudkan visi tahun 2026, PTK sebagai anak usaha PT Pertamina International Shipping, terus melakukan pembenahan agar menjadi Perusahaan Pelayaran dan Jasa Maritim yang andal, profesional dan terpercaya.

Selain itu, sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, PTK dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh customer dan mitra kerja perusahaan.

Sebagai informasi, PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) merupakan anak usaha PT Pertamina International Shipping subholding Integrated Marine Logistics, yang menyediakan berbagai jenis jasa maritim terintegrasi.

Perusahaan yang awalnya bernama PT Pertamina Tongkang ini didirikan pada 9 September 1969 dan berganti nama menjadi PT Pertamina Trans Kontinental pada 29 November 2011.

Hingga saat ini PTK mengelola 104 pelabuhan Pertamina serta 343 armada kapal.