tentang.co.id – Menjadi pemalu kerap dianggap sebagai sesuatu yang negatif bagi kebanyakan orang. Pasalnya orang yang pemalu cenderung sulit bersosialisasi.

Selain itu, mereka juga memiliki teman lebih sedikit dibanding dengan orang yang percaya diri. Namun, menjadi pemalu juga memiliki keuntungan tersendiri yang tidak dapat dirasakan oleh orang dengan kepercayaan diri tinggi.

Berikut 10 keuntungan yang bisa didapat jika kamu orang yang pemalu .

1. Sederhana Namun Menarik

Orang pemalu cenderung berpenampilan sederhana karena tidak ingin menjadi pusat perhatian. Orang yang pemalu juga jarang sekali memberitahukan pencapaiannya kepada orang lain.

Hal tersebut dikarenakan orang pemalu cenderung menghindari pujian dari orang lain. Namun, perlu diperhatikan juga jangan sampai kamu menjadi orang yang sangat pemalu dan menjadi rendah diri.

2. Berpikir Sebelum Bertindak

Orang pemalu cenderung melihat sekitar sebelum akhirnya melompat. Artinya, mereka akan berpikir dengan hati-hati sebelum mengambil tindakan penting.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kemungkinan risiko yang dapat terjadi. Sifat tersebut sangat membantu untuk membuat keputusan penting dalam hidup.

Namun, dalam situasi tertentu mengambil lompatan dan percaya bahwa segala sesuatunya akan berhasil lebih baik daripada berpikir lama-lama.

3. Lebih Mudah Didekati

Orang pemalu cenderung tidak pernah mengajak seseorang untuk berbicara lebih dulu. Rasa malu, sifat rendah hati, dan tidak menonjol yang dimiliki membuat orang lain berpikir orang pemalu mudah untuk didekati dan membuat orang lain merasa lebih nyaman.

Namun, rasa malu yang berlebihan dapat membuat kamu tampak menyedihkan dan menyendiri. Jika kamu mengalami hal tersebut, cobalah untuk melakukan sesuatu yang sederhana seperti tersenyum kepada orang lain.

4. Dapat Menenangkan

Orang pemalu terkadang bisa membuat orang yang sedang sedih atau khawatir menjadi lebih tenang. Ketenangan dan kemampuan untuk tidak bereaksi memiliki efek positif pada orang sekitar.

5. Pendengar yang Baik

Karena kerendahan hati yang dimiliki, orang pemalu cenderung mendengarkan cerita orang lain dengan baik. Selain itu, mereka juga tidak akan tidak akan pernah memotong pembicaraan orang lain.

Untuk itu, orang pemalu dapat menjadi pendengar yang baik dan membuat orang lain merasa nyaman untuk lebih terbuka.

6. Dapat Dipercaya

Orang pemalu cenderung lebih dapat dipercaya karena ia tidak akan mengungkapkan rahasia temannya kepada orang lain. Selain karena memiliki teman yang sedikit, mereka juga pernah mengungkapkan pencapaian mereka dengan orang lain sehingga mereka tampak lebih dapat dipercaya.

7. Mengatasi Masalah dengan Baik

Karena selalu berjuang untuk mengatasi rasa malu, orang pemalu dapat mengatasi masalah yang dialami dengan baik karena telah terbiasa. Tanpa berjuang untuk melawan rasa malu mereka tidak akan menjadi orang yang berkembang.

8. Hubungan Pertemanan Awet

Mencari teman merupakan hal yang cukup sulit dilakukan bagi orang pemalu . Untuk itu, jika mereka berhasil mendapat teman, mereka dapat lebih menghargai orang tersebut dan hubungan pertemanannya.

Selain itu, dengan kelebihannya menjadi pendengar yang baik, orang pemalu cenderung akan memiliki hubungan pertemanan yang awet.

9. Jadi Lebih Fokus

Banyak pekerjaan membutuhkan kemampuan untuk fokus dan berkonsentrasi dalam lingkungan yang individual. Hal tersebut dapat dilakukan dengan baik oleh orang pemalu .

Tidak memiliki banyak ikatan sosial membuat mereka memiliki lebih sedikit interupsi dan lebih sedikit kebutuhan untuk memvalidasi apa yang mereka lakukan di mata orang lain.

10. Sangat Menghargai Pencapaian

Penelitian menunjukkan bahwa otak orang pemalu bereaksi lebih kuat terhadap rangsangan negatif dan positif. Hal tersebut menunjukkan bahwa orang pemalu dapat berpikir secara positif di antara hal-hal negatif sekalipun.

Selain itu, mereka lebih bisa menghargai pencapaian diri atau orang lain karena mereka merasakan betapa susahnya untuk mencapai hal tersebut. Hal tersebut juga dapat membantu mereka menemukan nilai lebih dalam untuk mencapai tujuan.

Itulah 10 keuntungan yang bisa didapat dengan menjadi orang pemalu . Hal tersebut membuktikan bahwa menjadi menjadi orang yang pemalu tidak sepenuhnya berkonotasi negatif. (Dewi Andryani)***