tentang.co.id – Sangat umum dan wajar jika seseorang merasa lelah setelah melakukan berbagai aktivitas dan perjalanan panjang.

Namun terkadang energi yang sudah terkuras dan rasa lelah yang dirasakan sangat sulit diketahui alasan pastinya.

Tanda-tanda bahwa kelelahan bisa menjadi sesuatu yang lebih serius di antaranya muncul rasa sakit, demam, dan sakit kepala yang sulit dijelaskan.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari Healthline, berikut cara untuk menangani rasa lelah dan meningkatkan energi Anda.

1. Makan makanan seimbang

Salah satu alasan untuk mengikuti diet sehat dan seimbang adalah karena Anda akan meningkatkan tingkat energi .

Pastikan Anda mendapatkan nutrisi yang cukup dengan mengonsumsi makanan utuh dan segar dari berbagai kelompok makanan.

Mengikuti diet seimbang juga meningkatkan pencernaan yang sehat, yang membantu membersihkan tubuh Anda.

2. Berolahraga secara teratur

Olahraga melepaskan endorfin yang secara alami meningkatkan tingkat energi Anda. Aktivitas ini juga membantu kualitas tidur Anda.

Lakukan setidaknya dua jam latihan intens sedang setiap minggu. Untuk membuatnya lebih mudah untuk tetap berpegang pada rencana latihan, cari teman latihan atau sewa pelatih pribadi.

3. Minum air yang cukup

Dehidrasi dapat menyebabkan tingkat energi yang rendah. Kondisi ini juga dapat berdampak negatif pada pola tidur, kram kaki, suara serak, dan mulut kering.

Peningkatan asupan air pada orang yang biasanya tidak minum cukup air ditemukan memiliki efek menguntungkan pada energi .

4. Mengurangi kafein

Mengurangi asupan kafein dapat memberi Anda lebih banyak energi dalam jangka panjang.

Mengurangi asupan kafein secara perlahan akan membantu mengendalikan perasaan dan menyeimbangkan tingkat energi alami.

Hindari mengonsumsi kafein sebelum jam istirahat malam supaya Anda dapat terlelap dengan nyaman.

5. Tidur

Istirahat yang tepat sangat penting jika Anda ingin mempertahankan tingkat energi sepanjang hari. Bersantailah sebelum tidur dengan melakukan perengangan lembut.

Perbaiki area tidur Anda dengan menjaganya tetap bersih dan menjaga suhu yang sesuai. Jika memungkinkan latih relaksasi, meditasi, atau yoga terpandu untuk membantu Anda tertidur.

6. Redakan stres

Stres dapat membuat Anda kehilangan energi mental dan fisik yang dibutuhkan untuk melaksanakan hari Anda dengan mudah.

Hormon stres dapat memiliki efek negatif pada pola tidur Anda, sistem tubuh, dan kesehatan secara keseluruhan.

Kurangi stres dengan melakukan hal-hal yang membuat Anda merasa bahagia misalnya pergi spa untuk perawatan, menyaksikan acara favorit Anda, dan hal menyenangkan lainnya.***