tentang.co.id – Memiliki bentuk tubuh yang ideal tentu saja merupakan keinginan banyak orang.

Ada beberapa cara untuk mewujudkannya, salah satunya dengan menjalani cara diet yang cepat.

Jika saat ini Anda sedang mempertimbangkan diet untuk mendapatkan berat badan yang ideal, tentunya Anda harus tahu bagaimana cara diet yang cepat dan sehat.

Dirangkum Pikiran-Rakyat.com dari kanal Youtube Alodokter, berikut ulasannya.

1. Kurangi asupan kalori dan porsi makanHitung kebutuhan kalori harian sesuai dengan tinggi dan berat badan , jenis kelamin, usia serta aktivitas, lalu sesuaikan dengan porsi makan Anda.

2. Hindari makanan siap sajiSebagai gantinya Anda bisa memilih makanan berprotein, seperti telur, ikan, daging tanpa lemak, dan sayur rendah karbohidrat .

Anda juga bisa memilih buah-buahan sebagai camilan, dengan begitu Anda tetap merasa kenyang tanpa harus makan banyak kalori .

3. Kurangi asupan berkarbohidratSeperti nasi, pasta, atau makanan yang mengandung karbohidrat atau gula.

4. Perbanyak olahraga untuk membakar kaloriSemakin banyak kalori yang dibakar, maka akan semakin cepat penurunan berat badan .

Jenis olahraga yang bisa Anda lakukan, misalnya mengangkat beban dan senam aerobik.

Berolahraga secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan , membentuk tubuh ideal, dan mengoptimalkan metabolisme tubuh.

5. Minum air sebelum makanMenurut penelitian minum air sebelum makan bisa membantu menurunkan berat badan karena memberi efek kenyang.

Efek inilah yang membuat Anda enggan melahap makanan dalam jumlah banyak atau tidak jadi menyentuhnya sama sekali.

6. Jangan lupa sarapanAnda mungkin mengira bahwa bobot tubuh dapat berkurang dengan absen sarapan, padahal hal tersebut bisa membuat Anda kelaparan dan akhirnya anda ngemil dalam porsi yang lebih banyak sepanjang hari.

7. Makan dalam porsi kecilGunakan piring atau mangkuk yang lebih kecil dari biasanya ketika mengambil makanan.

Meski makan dalam porsi yang sedikit Anda tetap bisa merasa kenyang apabila Anda makan dengan lambat, makan secara perlahan-lahan membuat otak berpikir bahwa kita sudah kenyang.

Makan dalam porsi kecil tapi sering, misalnya seperti 4-5 kali sehari. Hal ini justru lebih baik dan dapat membantu menurunkan berat badan .

8. Tidak perlu membenci makananKarena hal ini justru membuat Anda lebih berhasrat untuk mengkonsumsinya, namun Anda harus tau kadar wajar yang bisa Anda konsumsi agar tidak gemuk, sebagai contoh, Anda bisa membeli kue kering satuan ketimbang membelinya setoples.

9. Tidur yang cukup

Ketika kurang tidur, tubuh memproduksi hormon ghrelin yang bisa membuat Anda lebih bernafsu untuk makan. Selain itu, kurang tidur bisa mengganggu sistem metabolisme tubuh.***