tentang.co.id – Momen tukar cincin memang identik dengan acara pertunangan, yang biasa dilakukan sebelum sepasang kekasih menikah.

Cincin tunangan pun kerap disebut-sebut sebagai simbol komitmen antara pasangan.

Karena itu, tak heran bila setiap pasangan menginginkan cincin tunangan yang sempurna, meski tak jarang keinginan tersebut terhalang harga.

Ya, harga cincin tunangan memang beragam, mulai dari yang relatif terjangkau, hingga memiliki harga tinggi.

Biasanya, cincin tunangan dengan harga tinggi tersebut terbuat dari logam mewah seperti emas atau platina, sementara yang relatif terjangkau dibuat dari bahan seperti cooper alloy atau rhodium.

Pantauan Kompas.com dari e-commerce dan situs resmi toko dan produsen perhiasan, harga cincin tunangan yang dijual di Indonesia sangat bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan juta.

Misalnya saja, toko Hyl Jewelry yang menjual cincin tunangan berbahan cooper alloy dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp 12.000 saja.

Kendati demikian, ada pula toko yang menjual cincin tunangan di kisaran harga ratusan ribu hingga sekitar lima juta rupiah.

Misalnya, Nikayla Jewelry yang mengandalkan perak, palladium, dan emas sebagai bahan utama cincin tunangan produksinya.

Dari toko resmi Nikayla Jewelry, terlihat bahwa cincin tunangan dengan harga terendah yang dijualnya dibanderol dengan harga Rp470.000.

Untuk harga tertinggi, Nikayla Jewelry mematok harga sekitar Rp10 juta untuk satu set cincin tunangan berbahan dasar perak dan emas 12 karat.

Cincin tunangan dengan harga tinggi hingga mencapai ratusan juta rupiah pun bisa dilihat di situs resmi Frank & Co, yang menjual berbagai varian cincin tunangan dengan model dan harga bervariasi.

Nampaknya, harga tersebut disesuaikan dengan tingkat kerumitan dan karat emas yang digunakan untuk membuatnya.

Jika dilihat dari situs resminya itu, harga terendah untuk koleksi cincin tunangan dari Frank & Co adalah cincin yang dinamai “Alpha” dan tersedia mulai dari harga Rp6,98 juta.

Lalu untuk harga tertinggi, ada cincin tunangan yang dinamai “Peony” dengan harga mulai dari Rp33,9 hingga Rp155,88 juta, bergantung dari kemurnian dan tingkat karat emasnya.

Tentu saja, gambaran di atas hanya ilustrasi umum soal harga cincin tunangan.

Sebab, pasti ada kalangan yang lebih kuat secara ekonomi yang mampu membeli cincin tunangan yang jauh di atas harga tersebut.

Di sisi lain, produsen pun pasti akan dengan senang hati menyediakan cincin yang dipesan oleh konsumennya.

Di atas semua itu, simbol dan pemaknaan cincin tunangan sebagai lambang komitmen tentu menjadi lebih berharga ketimbang banderol yang ada.

Bukan begitu?