tentang.co.id – Memilih nama bayi adalah proses yang panjang dan sulit.

Banyak orangtua harus membaca literatur dari buku-buku, situs web, hingga media sosial untuk mendapatkan inspirasi nama bayi yang cocok nantinya.

Maka dari itu, orangtua cenderung tidak rela jika nama bayi yang sudah susah payah mereka dapatkan, dicuri dan dipakai oleh orang lain.

Ashley Winning, pendamping profesional pasca melahirkan di The Motherhood Circle dan ibu dua anak mengungkapkan pandangannya terkait masalah ini.

” Nama bayi bisa menjadi salah satu topik sensitif, di mana begitu banyak orang memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda,” tutur Winning.

“Secara pribadi, saya tidak memberi tahu siapa pun di luar teman dekat saya, apa rencana saya terkait memberi nama bayi.”

“Saya sangat menyukai nama putri pertama saya sehingga saya tidak ingin ada yang ‘mencuri’ nama itu,” sambung dia.

Inilah empat poin yang disampaikan Winning terkait ‘mencuri’ atau menggunakan nama bayi yang sudah dipakai orang lain:

1. Merahasiakan nama bayi favorit kita

Winning menganjurkan untuk menyimpan rapat-rapat nama bayi yang kita dapatkan, sehingga kita tidak perlu berselisih dengan orang lain yang akan mencuri nama bayi kita sebelum bayi itu lahir.

Kita tidak dapat mencegah siapa pun untuk menggunakan nama itu, sehingga merahasiakan nama pilihan kita merupakan langkah terbaik.

2. Memikirkan kedekatan kita dengan seseorang yang nama bayinya ingin kita ambil

“Jika orang itu sebatas kenalan, saya meyakini pengambilan nama adalah permainan yang adil dan tidak ada yang perlu ditanyai atau diberitahu,” tegas Winning.

“Namun, jika itu keluarga dekat, saya akan menghindari nama yang sama kecuali itu merupakan tradisi dan sesuatu yang membuat semua pihak senang.”

3. Pertimbangkan apakah nama yang diambil unik atau tidak

Setiap orang memang tidak memiliki hak atas nama tertentu.

Namun Winning memaklumi, kita bisa merasa frustasi jika seseorang yang dekat dengan kita menamai bayi mereka sama seperti nama bayi kita.

“Bagi sebagian orang, itu bisa menghilangkan keunikan nama dan membuat nama tersebut lebih pasaran. Sementara sebagian lain tidak keberatan sama sekali,” catat wanita tersebut.

4. Meminta pendapat orang lain terkait niat kita menggunakan nama bayi mereka

Jika kita memiliki ide nama bayi yang sudah digunakan kerabat dekat, tidak ada salahnya meminta pendapat mereka.

“Perlu diingat, jika kita menentang keinginan mereka, kita bisa kehilangan persahabatan,” papar Winning.

Tetapi dia menambahkan, jika kita kesulitan menemukan nama lain di luar nama yang terlintas dalam pikiran kita, maka tidak seorang pun bisa mencegah kita menggunakan nama tersebut.

“Nama bukanlah hak milik seseorang dan saya percaya siapa pun berhak menggunakan nama yang mereka rasa cocok untuk si kecil.”