tentang.co.id – Minuman kemasan seperti boba dengan embel-embel less sugar alias rendah gula saat ini cukup banyak digemari di kalangan masyarakat. Namun, apakah kandungan gula dengan label less sugar ini aman?

Moch. Aldis Ruslialdi, Certified Nutrition and Wellness Consultant Nutrifood mengungkapkan bahwa segelas minuman boba setidaknya mengandung 3 sendok makan gula. Adapun, dalam satu hari, kebutuhan asupan gula tubuh maksimal hanya 50 gram atau setara dengan 5 sendok makan.

Dengan kondisi itu, maka sisa asupan gula harian hanya tersisa 2 sdm saja. Sementara jatah ini harus dibagi-bagi dengan kadar gula dalam karbohidrat dan juga makanan serta minuman lainnya.

Lantas apakah memesan minuman kemasan dengan embel embel less sugar sudah berarti aman untuk kebutuhan gula harian Anda?

“Belum tentu, karena terkadang less sugar (dalam minuman pesan antar) itu masih tetap tinggi gula. Terkadang less sugar yang diracik itu malah hanya mungkin lebih rendah dari produk kompetitor,” ujarnya dikutip dari CNNIndonesia.com, Sabtu (1/10/2022).

Yang harus diingat adalah ketika memesan less sugar berarti pemberian gula akan lebih rendah dibandingkan dengan jumlah gula standar dari perusahaan atau gerai minuman tersebut, dan bukan rendah gula berdasarkan kebutuhan harian Anda.

“Harus ditanya juga ke mereka takaran mereka berapa sendok gula. Paling gampang (daripada minta less sugar) adalah langsung request gulanya berapa sendok,” ujarnya.

Namun, ada beberapa tempat yang mungkin saja tidak memperbolehkan untuk melakukan hal itu, cara lain yang disarankan adalah dengan minum setengah porsinya saja.

Aldis mengungkapkan dalam mengatur jumlah asupan gula dalam minuman pesanan ini lebih mudah dibanding dengan minuman kemasan. Artinya ketika minum minuman less sugar dalam kemasan, masyarakat harus memperhatikan juga jumlah gula di dalamnya melalui tabel informasi gizi.