tentang.co.id – Bulu- bulu halus di tubuh merupakan hal yang secara alami dimiliki.

Banyak orang, khususnya perempuan sangat menginginkan tubuh bebas dari bulu . Terdapat dua cara untuk menghilangkan bulu halus di tubuh, yakni waxing dan shaving .

Dua metode tersebut bisa dilakukan sendiri maupun di salon kecantikan. Meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menghilangkan bulu di tubuh, tapi keduanya memiliki metode yang berbeda.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Hello Sehat, simak perbedaan waxing dan shaving :

Baca Juga: Lirik Lagu The Happiest Girl – BLACKPINK, Lengkap dengan Terjemahan Bahasa Indonesia

Waxing

Waxing merupakan salah satu teknik atau cara menghilangkan bulu dalam jumlah yang banyak dengan mencabutnya menggunakan cairan khusus yaitu lilin yang sudah dicairkan.

Kemudian bahan tersebut dioleskan di atas permukaan kulit berbulu. Setelah itu, kulit ditutupi dengan kertas khusus.

Kertas itu kemudian ditekan-tekan selama beberapa saat, lalu ditarik secara berlawanan arah tumbuhnya bulu , sehingga bulu di tubuh akan tercabut sampai ke akar.

Waxing membuat bulu di tubuh akan tumbuh lebih lama dibanding dengan metode mencukur atau shaving .

Bulu biasanya akan kembali tumbuh dalam waktu dua sampai tiga pekan. Pertumbuhan bulu pun bisa berkurang secara permanen. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot mencukur setiap beberapa hari sekali.

Shaving

Shaving merupakan proses pemotongan bulu yang berada di permukaan kulit, tapi folikel atau akarnya tetap tertinggal dalam pori-pori.

Shaving memiliki cara pemotongan bulu tersebut menggunakan alat silet, pisau cukur, atau alat cukur lainnya yang tajam.

Potensi yang ditimbulkan dari pencukuran tersebut adalah gatal, torehan atau luka, luka terbuka akibat goresan cukur, folikuitis, dan rambut tumbuh ke dalam.

Lakukan shaving dengan hati-hati menggunakan pisau cukur yang bersih dan tajam saat kulit dalam kondisi lembap. Pastikan permukaan kulit sudah dibersihkan terlebih dahulu dan sedang tidak mengalami peradangan atau infeksi kulit.

Selain itu, keunggulan shaving adalah untuk mengenyahkan sel kulit mati dan kotoran lainnya dari permukaan kulit.

Bercukur dapat mencegah bertumpuknya berbagai substansi yang dapat menyebabkan kulit kusam dan kotor.

Dengan berkurangnya kotoran dipermukaan kulit, maka dapat menurunkan risiko terjadinya peradangan dan timbulnya masalah kulit lainnya. (Nisrina Sukmawati)***