tentang.co.id – Melihat layar gadget yang terus-menerus bisa menyebabkan perilaku adiktif dan keterikatan emosional yang besar. Semua berasal dari efek media sosial .

Penderitaan mental yang lebih dalam bisa disebabkan bagi banyak orang. Ini tentunya merupakan dampak negatif

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari PMJ News, para peneliti di Ruhr-Universitätt di Bochum, Jerman, meneliti kasus efek dari pengurangan penggunaan media sosial .

Dampak positif yang diterima seperti peningkatan aktivitas fisik kesejahteraan emosional dan konsumsi tembakau.

Journal of Public Health baru saja menerbitkan temuan baru. Tindakan lanjut selama enam bulan akan memberikan perubahan yang banyak.

Orang yang menghabiskan lebih sedikit waktu di media sosial akan merasa bahagia, mempertahankan aktivitas fisik, dan merokok lebih sedikit.

“Jika kegiatan itu mengganggu tonggak-tonggak pencapaian swasembada ekonomi, sosialisasi, atau pemeliharaan kesehatan yang sesuai dengan usia adat, maka itu merugikan,” kata seorang penulis dan psikiater nutrisi, Dr Sheldon Zablow seperti dilansir dari Medical News Today pada Jumat, 23 September 2022.

“Kegiatannya bisa berupa penggunaan alkohol, penggunaan narkoba, pilihan diet, pilihan olahraga, atau pilihan hiburan, khususnya media sosial ,” ujar menambahkan.

Menurut Dr. Zablow, penggunaan media sosial yang banyak melemahkan ikatan interpersonal sosial hingga sangat berdampak negatif pada kesehatan mental .

Zablow menekankan bahwa bagian penting dari setiap program perawatan yang cukup direkomendasikan adalah olahraga, baik aktivitas ringan atau berat tetap berguna.

Olahraga adalah hal yang bermanfaat. Semua hal dari mulai psikoterapi dan pengobatan tidak akan optimal jika olahraga tidak dilakukan.

Dampak positif yang bagus adalah menambah tingkat produksi neurotransmitter, mulai dari antidepresan alami dan molekul anti-kecemasan otak.

Aktivitas penggunaan media sosial yang yang berlebihan bisa mengurangi zat kimia otak, sedangkan olahraga bisa membangun kesehatan mental .(Robertus Dewa Brata Krisantoaji)***