Ilustrasi anak tantrum. foto: envato elements

GenPI.co – Bayi tantrum merupakan tantangan yang harus dihadapi setiap orang tua. Biasanya si kecil akan terus-terusan menangis dan rewel seharian.

Kondisi ini seringkali terjadi mendadak. Beberapa faktor di antaranya lantaran  kelelahan, popok kotor, alergi makanan hingga adaptasi lingkungan, 

Jangan khawatir untuk menenangkan bayi ketika tantrum, para Bunda dapat melakukan cara efektif berikut ini seperti dilansir Healthy Guide. Apa saja?

1. Memahami Kebutuhan Bayi

BACA JUGA:  Tasya Kamila Bagi Kiat Atasi Anak Tantrum, Bisa Ditiru Bunda

Kenali beberapa tanda umum pada bayi dan penuhi kebutuhannya, seperti saat lapar. Sebelum menangis, bayi dapat menunjukkan beberapa tanda rasa lapar seperti mengisap jempol atau tangan, menjilat bibir dan rewel.

Kemudian mengantuk, bayi dapat menunjukkan tanda-tanda kantuk seperti menggosok mata dan telinga, menguap, tidak tertarik bermain.

BACA JUGA:  Hindari Bayi Tantrum, 3 Benda Ini Wajib Dibawa saat Mudik

Selain itu saat perut sakit sebagian besar bayi mengalami sakit perut yang disebabkan oleh gas atau nyeri kolik selama beberapa minggu pertama.

Bunda dapat memijat secara teratur perut bayi dalam gerakan melingkar searah jarum jam untuk mengurangi rasa sakit perut karena nyeri kolik.

BACA JUGA:  Tips Ampuh Orang Tua Menghadapi Anak Tantrum di Tempat Umum

Untuk rasa sakit perut karena gas, Bunda dapat meletakkan bayi di punggungnya dan kemudian memindahkan kaki bayi dalam gerakan bersepeda lembut sambil dengan ringan mendorong kakinya ke perutnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.