3 Golongan Obat Diabetes Ini Efek Sampingnya Ternyata Sangat Berbahaya – ilustrasi obat. foto: envato elements

GenPI.co – Diabetes melitus merupakan penyakit kronis yang tidak bisa disembuhkan. Beragam pilihan obat diabetes melitus dari dokter pun biasanya terjadi karena melihat kondisi pasien.

Saat pasien sudah mengalami diabetes tipe 1, pasti membutuhkan suntik insulin.

Sementara itu, bagi pasien diabetes tipe 2 umumnya dapat ditangani dengan perubahan gaya hidup sehat diabetes, seperti mengatur pola makan dan rutin olahraga.

BACA JUGA:  3 Zodiak Paling Sabar, Tolong Jangan Sakiti Mereka

Namun, dalam beberapa kasus saat kadar gula darah yang tinggi sulit dikendalikan hanya dengan menjaga pola makan, pengobatan diabetes butuh dibantu dengan penggunaan obat-obatan, termasuk terapi insulin.

Berikut ini 3 golongan obat diabetes yang ternyata memiliki efek samping yang berbeda, mulai dari yang ringan hingga yang berbahaya seperti dikutip dari HelloSehat, Minggu (21/8/2022):

1. Obat Pioglitazon

BACA JUGA:  5 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Pria, Bikin Tambah Dahsyat

Obat Pioglitazon merupakan obat yang masuk dalam golongan Thiazolidinediones (glitazone).

Obat golongan glitazone atau Thiazolidinediones ini kerap diberikan untuk membantu mengendalikan kadar gula darah pada pasien diabetes melitus tipe 2.

BACA JUGA:  Buya Yahya Beber Penyebab Rezeki Seret, Jangan Lakukan 3 Hal Ini

Selain mengendalikan gula darah, Obat Pioglitazon ini juga membantu menurunkan tekanan darah dan memperbaiki metabolisme lemak dengan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dalam darah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.