JAKARTA, celebrities.id – Cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris mungkin bagi sebagian orang masih kesulitan dan belum mengerti. Jangan khawatir, simak artikel berikut, bagaimana cara yang baik dalam memperkanlkan diri dalam bahasa Inggris.

Apalagi, kini banyak orang yang sudah cukup mahir dalam menggunakan bahasa Inggris dalam keseharian. Dalam menggunakan tata bahasa yang tepat, hingga perkenalan mulai dari yang formal dan non formal.

Penasaran seperti apa saja contoh memperkenalan diri dalam bahasa Inggris? Melansir dari inenglishwithlove, Sabtu (27/8/2022), beirkut ada empat contoh memeprkenalkan diri dalam bahasa Inggris.

1. Cara memperkenalkan diri di kelas

Jadi Anda berada di kelas dengan siswa lain dan guru Anda meminta Anda untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris. Pengenalan diri di kelas dimaksudkan untuk menjadi singkat dan percakapan.

Anda tidak perlu memberikan laporan rinci tentang hidup Anda. Ingatlah daftar periksa ini:

  • Sebutkan nama asli Anda jika berbeda dengan nama resmi Anda.
  • Bicara tentang dari mana Anda berasal, atau di mana Anda dilahirkan dan di mana Anda tinggal sekarang.
  • Bagikan detail menarik tentang diri Anda: Apa yang Anda senangi? Apa yang menarik minat Anda?
  • Bicara saja tentang hobi yang Anda lakukan di masa lalu, atau aktivitas yang ingin Anda coba di masa depan.
  • Jika Anda mengambil kelas karena pilihan, sebutkan alasan Anda memutuskan untuk mengambilnya.

Contoh nya seperti ini:

“Hey, I’m Mateo but people here call me Matt. I grew up in Argentina, and lived there most of my life before moving to the United States. I speak Italian, Spanish and English. I love gaming, and I stream on Twitch almost every day. I’ve always wanted to improve my English so now that I have the time, I’ve finally signed up for classes online.”

2. Bagaimana jika Anda adalah guru yang memperkenalkan diri ke kelas baru?

Memperkenalkan diri Anda ke kelas adalah salah satu tantangan pertama yang harus Anda atasi sebagai guru baru. Kesan pertama itu penting saat Anda mulai berbicara, siswa Anda akan mulai membentuk opini tentang Anda.

Jadi apa yang harus Anda perhitungkan? Berikut daftar tips nya:

Tetap ringan, menyenangkan, dan profesional.

  • Bagikan beberapa fakta menyenangkan untuk memecahkan kebekuan.
  • Cobalah untuk menemukan kesamaan: apakah Anda mengajar anak-anak kecil? Beri tahu mereka rasa es krim favorit Anda. Jika sebaliknya, mereka remaja atau dewasa, bagikan acara TV favorit Anda.
  • Bicara tentang tujuan Anda untuk kelas.
  • Mintalah siswa Anda mengajukan pertanyaan kepada Anda.
  • Dengan siswa, coba membuatnya interaktif dan menyenangkan menggunakan pengacak.

Berikut contohnya: 

“Welcome back to class! I was looking forward to meeting you.
I’m Sol and I’ll be your teacher this year. I always enjoy staying at home and hitting a good mystery book! I’m not much of an outdoor person, as you can see. I love rainy days where I can wrap myself in a blanket and binge-watch series without feeling guilty!
Do you know why I love English? Because it makes me feel like I have a superpower! And my goal this year is to help you become the best English speakers possible. Now, tell me about yourselves. What do you love the most?”

3. Cara memperkenalkan diri dalam situasi santai

Spontanitas, ada beberapa situasi yang menjadi lebih baik dengan sedikit persiapan. Obrolan ringan adalah contoh sempurna untuk mengilustrasikan hal ini.

Saran terbaik yang bisa menjaga agar perkenalan Anda tetap singkat dan ringan. Anda juga ingin memberi orang lain ruang untuk pertanyaan lanjutan. Saat menyapa, Anda bisa mengatakan: “Hai,” “Pagi!” atau “Ada apa?”

Berikut contohnya:

“Good morning everyone! I’m Diana from product development and today I’m excited to share with you that the mobile version for our product will be available as of Tuesday. Today, I’d like to give a quick demo of the new functionalities.”

4. Cara memperkenalkan diri dalam wawancara

Dalam sesi wawancara pekerjaan menggunakan bahasa asing memiliki unsur kecemasan ekstra. Karena ini bukan hanya tentang keterampilan kerja kita.

Tapi kabar baiknya adalah bahwa membuat pengantar yang dibuat dengan baik dan menarik dalam bahasa Inggris akan membuka jalan dan memberi Anda kepercayaan diri dan kemudahan yang Anda butuhkan untuk membuat kesan yang baik selama wawancara Anda.

Jadi, ketika pewawancara Anda harus menceritakan sedikit tentang diri Anda. Dan ingatlah poin-poin berikut:

  • Jika Anda pernah dihubungi oleh pewawancara sebelumnya, Anda bisa memulainya dengan: “Senang akhirnya bisa bertemu langsung dengan Anda!”
  • Atau, Anda bisa mulai dengan mengatakan, “Terima kasih banyak telah meluangkan waktu untuk bertemu dengan saya hari ini…”
  • Kemudian lanjutkan dengan berbicara tentang pengalaman yang relevan. Apa yang membuat Anda cocok untuk posisi itu?
  • Sebutkan informasi profesional yang relevan yang ingin didengar pewawancara tentang Anda. Mengapa menambahkan Anda ke tim menjadi aset?
  • Pastikan Anda meneliti perusahaan dan mencari tahu sebanyak mungkin tentangnya. Sertakan dalam pendahuluan Anda mengapa Anda tertarik dengan perusahaan tersebut.

Berikut adalah contoh bagaimana Anda dapat memperkenalkan diri secara profesional dalam bahasa Inggris:

“It’s so nice to finally meet you in person!
After graduating from university, I worked in sales for a few years. But three years ago, I started working in digital media marketing and my experience in sales definitely helped. I was able to help the company consistently hit its targets and grow their brand in the industry. I know that you’re looking to grow your influence online, and that’s why I applied for the position…”
 

Editor : Endang Oktaviyanti


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.