JAKARTA, celebrities.id – Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang membutuhkan perawatan ekstra. Jika tidak dirawat dengan baik, maka akan menyebabkan plak yang menempel dapat mengurangi rasa percaya diri saat tersenyum atau tertawa lebar.

Bagi Anda yang mengalami hal tersebut, jangan khawatir, sebab ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Sekadar informasi plak adalah lapisan lengket yang terdiri dari sejumlah bakteri yang terus-menerus terbentuk dan menempel pada permukaan gigi dan gusi.

Umumnya bakteri ini berasal dari sisa-sisa makanan yang melepaskan asam dan memecah karbohidrat dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Selama periode waktu tertentu, asam tersebut dapat merusak lapisan enamel dan menyebabkan kerusakan pada gigi, seperti gigi berlubang, hingga peradangan gusi. Plak tersebut membutuhkan pembersihan setiap hari karena plak akan terbentuk kembali dengan cepat. Tanpa pembersihan yang tepat, plak dapat berkembang biak di bawah gusi pada akar gigi dan merusak tulang yang menopang gigi.

Selain itu, jika tidak segera dibersihkan, lama kelamaan plak akan mengeras menjadi karang gigi. Bila karang gigi ini sudah terbentuk, maka akan sulit untuk dibersihkan hanya dengan menyikat gigi saja. Oleh karena itu, diperlukan bantuan seorang dokter gigi untuk membersihkannya.

Dengan melakukan perawatan gigi dan gusi yang tepat adalah kunci untuk mencegah timbulnya plak gigi. Beberapa yang harus dilakukan, di antaranya:

1. Sikat gigi secara teratur

Sikatlah gigi dua kali sehari selama dua menit terutama pada pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Menyikat gigi sehabis makan pun juga memberikan efek yang tak kalah baik. Sebab pertumbuhan plak setelah makan langsung dihalangi oleh pembersihan gigi. Tetapi sebaiknya tunggu 30 menit setelah makan.

Pilihlah sikat gigi dengan bulu yang lembut dan gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk menjaga supaya gigi tetap kuat dan mencegah gigi berlubang. Sikatlahlah gigi secara perlahan agar tidak melukai gusi.

2. Bersihkan sela-sela gigi

Selain menyikat gigi, membersihkan bagian sela-sela gigi menjadi hal yang tak kalah penting. Sebab, plak tetap masih bisa muncul bila Anda tidak membersihkan sela-selanya. Oleh karena itu, lakukan pembersihan sela-sela gigi (flossing) agar pembersihan menjadi optimal. Gunakan benang khusus atau dental floss dan lakukan kegiatan ini minimal sekali sehari.

 


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.