JAKARTA, celebrities.id – Kata clingy sering kali ditemukan di media sosial untuk menggambarkan kondisi manja seseorang kepada pasangannya. Sebenarnya, apa arti clingy dalam hubungan?

Dalam bahasa Indonesia, clingy artinya tergantung atau lengket. Namun dalam hubungan, clingy memiliki makna lebih luas yang berhubungan dengan kepribadian. 

Sifat clingy terkadang membuat pasangan menjadi gerah bahkan bisa memicu pertengkaran dalam hubungan. Sifat ini bisa menjadi tanda suatu hubungan yang tidak sehat apabila pasangan sudah merasa risih karena tidak punya ruang gerak untuk melakukan hal lain.

Berikut ini celebrities.id telah merangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/8/2022), mengenai arti clingy dalam hubungan.

Arti Clingy dalam Hubungan

Mengutip dari Urban Dictionary, clingy memiliki arti bahwa ketika pacar kamu begitu terobsesi dengan dirimu sehingga ingin selalu disisimu selalu. Clingy juga bisa diartikan sebagai keinginan untuk selalu bersama seseorang secara terus menerus.

Sifat clingy sering kali salah diartikan sebagai rasa cinta yang mendalam. Padahal sifat clingy ini merupakan definisi dari rasa cinta yang berlebihan, bahkan bisa disebut sebagai obsesi terhadap sesuatu. 

Pemilik sifat ini cenderung kesulitan untuk melakukan sesuatu sendirian sehingga butuh teman atau orang terdekat untuk mendampinginya. Sifat clingy ini muncul dari keinginan seseorang untuk memenuhi kebutuhan mereka yang tidak terpenuhi, baik itu emosional, fisik, spiritual, dan mental.

Orang dengan kepribadian clingy akan merasa sedih atau cemas jika tidak bersama orang yang mereka anggap dekat. Orang dengan sifat seperti ini selalu terobsesi untuk selalu ingin dekat dengan orang lain.

Pada awal hubungan mungkin hal tersebut terlihat wajar. Namun jika sudah sampai mengganggu, bahkan membuat pasangan merasa ruang geraknya dibatasi, maka ini akan memicu pertengkaran dalam sebuah hubungan.

Lebih parahnya lagi orang clingy akan terus menerus menghubungi orang yang dianggapnya dekat.

Ciri-Ciri Pasangan Clingy

Ciri-ciri pasangan yang terlalu clingy dalam hubungan perlu diwaspadai karena akan memicu pertengkaran. Melansir dari Mind Body Green, berikut ini beberapa ciri umum pasangan clingy.

1. Menuntut Kepastian Terus Menerus

Pasangan clingy akan meminta kepastian terus menerus namun masih merasakan keraguan. Mereka selalu menanyakan pertanyaan yang sama untuk meminta kepastian karena memiliki rasa ragu dan tidak sepenuhnya percaya kepada pasangannya.

 


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.