JAKARTA, celebrities.id – Dunia maya kembali dihebohkan dengan kasus seorang wanita yang diduga mencuri coklat di sebuah minimarket. Sontak netizen menyebut perilaku tersebut sebagai ‘Ngutil’ 

Kata ini kembali menjadi perbincangan usai banyak yang menggunakannya untuk menggambarkan kasus wanita yang tengah viral usai diduga mencuri coklat. Banyak yang kemudian bertanya arti kata ngutil yang digunakan tersebut.

Jika kamu termasuk yang bertanya-tanya, berikut celebrities.id rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (16/8/2022), mengenai arti kata ngutil.

Arti Kata Ngutil 

Kata ngutil sendiri bisa ditemukan baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Ngutil sendiri dalam bahasa jawa memiliki makna mencuri atau mencopet. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) termasuk dalam kata kerja yang memiliki arti mengambil (memakan atau menggigit) sedikit-sedikit, dan mengambil atau melebihkan barang tanpa sepengetahuan penjual.

Belakangan kata ngutil banyak digunakan oleh netizen untuk menggambarkan kasus dimana seorang wanita kedapatan mencuri coklat di minimarket. Bukannya merasa bersalah atas perbuatannya, wanita tersebut justru menyalahkan kasir minimarket dengan membuat video klarifikasi permintaan maaf.

Banyak netizen yang memberikan komentar dan reaksi dalam menanggapi kasus tersebut. Dari sanalah kata ngutil banyak digunakan. Berikut adalah komentar netizen dalam menanggapi kasus tersebut.

“Ini kelewatan. Orang yang ketahuan ngutil malah berbalik menekan karyawan alfamart hanya krn mampu menyewa pengacara. Alih-alih dia yang minta maaf, malah mbak alfamart yang harus minta maaf,” tulis netizen.

“Ccroll tiba-tiba nemu berita ginian,  coro iso tetep salam nang pelakune aku pen ngomong, ‘Buk, samean konangan ngutil, trus mekso seng midio njaaluk sepuro , ilingo regone coklat ambek nekakno pengacara jek larang mbayari pengacarane. Satu kata untuk Mbak e : Lhossskaan,” tulis netizen lain.

“Si ibu merasakan dirugikan krn nama baiknya tercemar. Lah klo abis ngutil trus ketauan, oke lah lgsg bayar, besok-besoknya ngutil lg, ga ketauan, karyawan rugi. Memangnya klo ada barang-barang yg hilang di sana, mereka ga kena sanksi apa-apa dari kalian? Dikira enak gajiannya banyak nombok?” tulis netizen lainnya.

Itulah arti kata ngutil yang berhasil kami rangkum. Temukan informasi menarik lainnya hanya di celebrities.id.

Editor : Tia Ayunita


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.