JAKARTA, celebrities.id – Waktu tepat membaca surat Yasin sudah diterangkan dalam banyak kitab hadist. 

Membaca surat Yasin memang telah menjadi salah satu kebiasaan umat Islam yang lazim dilakukan setiap  malam Jumat. Lantas, apakah waktu tepat membaca surat Yasin selain malam Jumat?

Waktu Tepat Membaca Surat Yasin

Untuk mengetahui waktu tepat membaca surat Yasin, Anda perlu memahami keutamaan membaca surat Yasin di malam Jumat yang ditegaskan dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud sebagai berikut: 

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

Artinya: Barang siapa membaca surat Yasin dan Al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya. (HR Abu Daud dari al-Habr). 

Meskipun kualitas sanad hadits tentang keutamaan membaca surat Yasin di malam Jumat ini tergolong lemah, namun tetap dianjurkan dan dapat diamalkan isi kandungannya. 

Sebagaimana ditegaskan oleh ulama bahwa hadits-hadits lemah boleh diamalkan untuk hal-hal yang berkaitan dengan keutamaan amal asalkan bukan tergolong hadits maudlu’ (palsu).  

Syekh Ibnu Hajar al-Haitami mengatakan: 

   وقد تقرر أن الحديث الضعيف والمرسل والمنقطع والمعضل والموقوف يعمل بها في فضائل الأعمال إجماعا 

Artinya: Dan merupakan ketetapan bahwa hadits dla’if, mursal, munqathi’, mu’dlal dan mauquf dapat dipakai untuk keutamaan amal menurut kesepakatan ulama. (Syekh Ibnu Hajar al-Haitami, Al-Fatâwâ al-Kubrâ al-Fiqhiyyah, Beirut, Dar al-Fikr, 1983 M, juz 2, halaman: 53).   

Hal Ini berdasarkan hadis Nabi SAW:

 وروي عنه رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم من قرأ سورة يس في ليلة الجمعة غفر له رواه الأصبهاني

“Barangsiapa membaca Yasin di hari dan malam Jumat dengan mengharap ridha Allah, diampuni dosanya” (HR Asbahaani). (At-Targhiib wa at-Tarhiib I/298).

Dalam riwayat lain disebutkan keutamaan membaca Surat Yasin di malam Jumat:

وذكر الثعلبي عن أبي هريرة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : “من قرأ سورة يس ليلة الجمعة أصبحمغفورا له”

Imam Tsa’labi menuturkan dari Abu Hurairoh Ra. “Barangsiapa membaca Yasin di malam Jumat, maka paginya diampuni dosanya”. [ alJaamii’ Li Ahkaam al-Quraan XV/3, Tafsiir Sirooj al-Muniir III/301 ].

Keutamaan membaca surat Yasin setiap malam Jumat salah satunya dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah SWT pada keesokan harinya.

قعَنِ الْحَسَنِ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ أَصْبَحَمَغْفُورًا لَهُ. وَمَنْ قَرَأَ: “حم” الَّتِي فِيهَا الدُّخَانُ أَصْبَحَ مَغْفُورًا لَهُ”

Artinya: Dari Al-Hasan yang mengatakan bahwa dia pernah mendengar Abu Hurairah Ra berkata bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Barang siapa yang membaca surat Yasin di malam hari, pada keesokan harinya ia diampuni. Dan barangsiapa yang membaca Ha Mim yang di dalamnya disebutkan Dukhan (surat Ad-Dukhan), pada pagi harinya diampuni”.

Sanad hadis ini jayyid (baik). Dalam riwayat lain disebutkan:

، عَنْ جُنْدَب بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللَّهِ، غُفِرَلَهُ”.

Ibnu Hibban di dalam kitab sahihnya mengatakan dari Jundub ibnu Abdullah Ra. yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: Barang siapa yang membaca surat Yasin di malam hari karena mengharapkan rida Allah Swt., maka diberikan ampunan baginya (dari dosa-dosanya).

Kedudukan Surah Yasin dalam Alquran disebutkan dalam beberapa hadits yakni sebagai kalbunya Alquran. Surat Yasin merupakan surat ke-36 terletak di Juz 22 dan 23 dengan jumlah 83 ayat.

Nama Surat Yasin ada beberapa versi. Dari hadits yang diriwayatkan Ibnu ‘Abbas diperoleh keterangan bahwa Yasin bermakna ya insan (wahai manusia) yakni wahai Muhammad. Demikian pula pendapat Abu Hurairah, ‘Ikrimah, adh-ahhak, Sufyan bin Uyainah dan Sa’id bin Jubair. 

 


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.