JAKARTA, celebrities.id – Kata rujukan sangat penting diperhatikan dalam pembuatan sebuah karya tulis agar tidak menjadi salah persepsi maupun praduga tindak plagiasi.

Apabila kita akan memakai kata rujukan maka hal yang perlu diperhatikan yakni cakupan atau ruang lingkup isi dokumen dan cara penyusunan, serta kemutakhiran informasi dalam dokumen tersebut.

Jika terdapat petunjuk-petunjuk tertentu mengenai cara penggunaan buku tersebut, lebih dahulu kita perlu membaca petunjuk-petunjuknya supaya penelusuran (penemuan kembali informasi) dapat dilakukan dengan mudah dan menghasilkan jawaban yang tepat serta memuaskan pengguna atau orang yang membutuhkan jawaban.

Salah satu manfaat dari kata rujukan adalah memberikan keterangan atau penjelasan langsung dan mendasar tentang suatu hal yang ingin diketahui serta untuk menghilangkan keragu-raguan pengertian mengenai masalah tertentu.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Rabu (10/8/2022) telah merangkum kata rujukan, sebagai berikut.

Mengutip dari laman web Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata rujukan diartikan sebagai bahan sumber yang digunakan untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut. Sehingga koleksi rujukan dapat dimaknai juga sebagai seluruh dokumen atau koleksi yang dimiliki oleh suatu perpustakaan dan dapat dijadikan bahan sumber atau acuan dalam mencari sebuah informasi.

Sementara, menurut buku bertajuk “Encyclopaedia of Librarianship” menerangkan bahwa kata rujukan merupakan semua sumber dengan cakupannya masing-masing, tidak hanya buku, majalah, surat kabar dan pamflet, namun juga peta-peta, bagan-bagan, rekaman suara, gambar diam dan gambar bergerak, slide, bahan bentuk mikro, bahan pustaka elektronik (digital) dan banyak bahan lainnya.

1. Kata Rujukan Tempat

Kata rujukan tempat yakni kata ganti atau acuan kepada suatu tempat. Umumnya, kata yang sering digunakan sebagai kata rujukan tempat adalah di sini, di situ, di sana dan lain sebagainya. 

Contoh:

  • Purwokerto merupakan salah satu kota wisata menarik di Jawa Tengah. Di sana terdapat berbagai wahana wisata seperti curug, taman Baturaden, hutan pinus dan masih banyak wisata sejuk lainnya.
  • Stadion Manahan Solo telah dipadati oleh pendukung tim kebanggaan kota ini yakni Persis Solo. Sebab, di sini akan diadakan laga persahabatan melawan Timnas U-23.

 


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.