tentang.co.idMulai 11 Oktober 2022, Jepang mulai mengizinkan turis secara individu memasuki negara tersebut tanpa visa. Perdana Menteri Fumio Kishida mengumumkannya pada Kamis 22 September 2022.

Saat ini wisatawan masih membutuhkan visa khusus untuk masuk ke Jepang . Serta dimungkinkan masuk Jepang hanya melalui paket wisata tur dengan batas harian 50 ribu wisatawan .

Buat kamu yang sudah berencana backpacker-an ke Jepang , bisa mulai siap-siap ya!

Jepang bisa menjadi salah satu pilihan buat kamu karena menghadirkan paket lengkap. Yang mana tradisi kuno menyatu dengan kehidupan modern. Seolah-olah hal tersebut merupakan suatu yang alami.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Lonely Planet, berikut alasan Jepang bisa menjadi pilihan untuk berlibur, serta ide-ide menarik yang bisa kalian lakukan di sana.

Budaya Tradisional

Meskipun Jepang terkenal akan kehidupan yang modern, tetapi berkeliling Jepang menawarkan banyak kesempatan untuk terhubung dengan budaya tradisionalnya.

Kalian bisa menginap di Ryokan atau penginapan tradisional Jepang . Di sana turis akan merasakan tidur di atas futon dan tikar tatami. Serta menyusuri Lorong kayu usang menuju pemandian.

Jika ingin mencari ketenangan sekaligus menikmati budaya tradisional Jepang , lakukan meditasi dengan para biksu. Atau belajar mengocok matcha pahit menjadi buih.

Para wisatawan bisa menyaksikan kemegahan tarian geisha Kyoto hingga menikmati keindahan taman batu Zen.

Makanan

Di kota manapun di Jepang , turis tidak akan jauh dari makanan enak. Kebanyakan restoran di Jepang mengkhususkan diri hanya pada satu hidangan. Biasanya telah turun-temurun dari beberapa generasi.

Karena hanya memiliki satu menu, restoran Jepang sangat memperhatikan setiap tahap, mulai dari mencari bahan lokal segar hingga menyusun hidangan dengan menarik.

Mulai dari hotpot hangat di wilayah pegunungan hingga sushi lembut yang terkenal di wilayah pantai akan kalian temukan di sana. Di Jepang banyak hidangan musiman, yang artinya wisatawan dapat mengunjungi Jepang pada waktu berbeda sepanjang tahun dan merasakan cita rasa yang benar-benar baru.

Kegiatan Outdoor

Jepang merupakan kepulauan panjang dan ramping, serta berada di jalur vulkanik. Dari semua gunung yang ada, lebih dari dua pertiganya terdapat mata air panas yang menggelegak di setiap belokan. Pada musim yang lebih hangat terdapat pendakian yang luar biasa. Melalui hutan cedar dan ladang bunga liar. Hingga puncak yang menjulang tinggi dan kui kuno.

Pada musim dingin, pendakian akan tertutup salju dan menjadi arena ski kelas dunia. Jangan melewatkan untuk mencoba hiking, ski ataupun berendam di onsen, atau kalian akan menyesal. Sementara di bagian selatan Jepang , terdapat pantai tropis untuk berjemur, snorkeling dan menyelam.

Kemudahan Perjalanan

Di Jepang wisatawan akan merasakan kemudahan untuk bepergian. Perjalanan dapat ditempuh hanya dengan transportasi yang rapi dan efisien. Jaringan kereta peluru atau shinkansen telah beroperasi dari ujung selatan Kyushu yang merupakan pulau utama Jepang hingga Hokkaido yang paling utara. Tiket kereta di sana relatif terjangkau. Kota-kota besar Jepang memiliki kereta bawah tanah yang telah banyak disediakan petunjuk berbahasa Inggris. (Rosa Ardika)***