BALIKPAPAN, celebrities.id – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) siap membangun fasilitas Training Centre Tim Nasional (Timnas) Indonesia dan kantor pusat barunya di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Tak tanggung-tanggung, training centre dan kantor pusat baru itu akan dibangun di lahan IKN seluas 50 hektare yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) itu. Diketahui, IKN sendiri diproyeksikan menggantikan posisi DKI Jakarta sebagai Ibu Kota baru pada 2024 mendatang itu. 

Untuk memastikan kesiapan tersebut, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan melakukan peninjauan langsung lahan yang akan digunakan tersebut, Sabtu (27/8/2022). Hadir pula Dandim 0913/PPU Letkol (Inf) Arfan Affandi, Kapolres PPU Hendrik Eka Bahalwan, Bupati PPU H Hamdam, dan jajaran Forkopimda lainnya.

Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan menyatakan, nantinya, seluruh fasilitas terbaik untuk perkembangan sepak bola Indonesia akan dibangun di lokasi training centre ini, mulai lapangan sepak bola, jogging track, swimming pool, dan lainnya. Dia optimistis, training center ini akan menjadi salah satu yang terbaik di Asia.

“Sejumlah teknologi pun akan disiapkan di lokasi ini, semisal teknologi kamera HD, termasuk juga pepohonan di sekitar lapangan yang bisa membantu menciptakan kadar oksigen yang baik di training centre ini,” katanya.

Tidak hanya itu, fasilitas ilmu pengetahuan tentang olah raga (sport science) pun menjadi menjadi salah satu tujuan utama dibangunnya training centre ini. 

“Bagaimana kinerja saraf motorik atlet sepak bola, bagaimana gizinya, hingga pakaian atau sepatu apa yang dipakai atlet untuk mengoptimalkan seluruh kemampuannya,” ujarnya, Minggu (28/8/2022).

Bahkan, tambah Iwan, training centre itu pun akan dilengkapi pusat rehabilitasi cidera para pemain Timnas Indonesia. 

“Termasuk psikiater-psikiater untuk menunjang mental dan daya juang pemain sekaligus meningkatkan kembali semangat pemain yang misalkan sempat terbalut cidera,” ucapnya.

Selain training centre, lanjut Iwan, Kantor Pusat PSSI pun tentunya akan dibangun di lokasi ini. Terlebih, selama ini, Kantor Pusat PSSI selalu berada dekat dengan Ibu Kota Negara, seperti yang ada saat ini di DKI Jakarta

 

Iwan juga menyebutkan, training centre, termasuk Kantor Pusat PSSI akan menggunakan energi baru terbarukan mengingat suhu udara di lokasi tersebut cukup hangat. 

“Maka, tenaga matahari atau panel surya rencananya akan menunjang elektrisasi di kantor baru ini,” tuturnya. 

Lebih lanjut Iwan mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah mengizinkan PSSI untuk membangun training centre, termasuk kantor pusat barunya di IKN. 

“Presiden sangat peduli dengan sepak bola Indonesia. Mulanya kami hanya meminta 15 hektare lahan untuk training centre ini, namun Presiden Jokowi memberikan kami lahan hingga 50 hektare,” ucapnya. 

Iwan Bule menambahkan, dalam peresmiannya nanti bukan tidak mungkin pula PSSI akan mengundang klub-klub sepak bola terkenal dunia. 

“Semisal Manchester United, AC Milan, Barcelona, Bayern Munchen atau Real Madrid. Jadi, timnas tercinta kita bisa mengadakan pertandingan persahabatan,” tuturnya.

Editor : Johan Sompotan


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.