tentang.co.id – am perkembangan perang Rusia-Ukraina , ada semakin banyak area di Ukraina yang berhasil direbut kembali penguasannya oleh pasukan Kyiv dari tangan Moskwa.

Terbaru, Militer Ukraina mengatakan pada Senin (12/9/2022) bahwa pasukannya berhasil merebut kembali area 500 kilometer persegi (193 mil persegi) di wilayah Kherson selatan.

Tentara Ukraina disebut mengalami kemajuan lebih lambat di garis depan di wilayah selatan daripada di wilayah timur laut Kharkiv yang sekarang hampir sepenuhnya kembali di bawah kendalinya.

“Kami telah membebaskan sekitar 500 kilometer persegi,” kata juru bicara Komando Selatan Ukraina Natalya Gumenyuk, dalam perkiraan pertama dari keuntungan serangan balik di Ukraina selatan selama dua minggu terakhir.

Dia menambahkan bahwa permukiman Vysokopillia, Biloguirka, Soukhy Stavok dan Myrolioubivka sepenuhnya telah berada di bawah bendera Ukraina.

Kirill Stremousov, seorang pejabat pro-Rusia di ibu kota selatan Kherson, mengatakan kepada RIA Novosti pada Senin pagi bahwa situasi di kotanya saat ini terkendali.

“Saat ini, pengulangan situasi di Kharkiv sama sekali tidak mungkin (untuk Kherson),” kata Stremousov.

Dia memastikan tidak ada kepanikan di kota Kherson.

Sebelumnya, Ukraina mengatakan pada Minggu bahwa pasukannya telah merebut kembali lebih dari 3.000 km persegi bulan ini dari pasukan Rusia.

Institute for the Study of War menilai pada Senin bahwa Ukraina telah membalikkan keadaan.

Tetapi, mereka memperingatkan, serangan balik Ukraina saat ini tidak akan mengakhiri perang.