tentang.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) mengumumkan cuaca yang tidak bersahabat.

Cuaca tidak bersahabat tersebut kemungkinan akan terjadi di beberapa wilayah pada 2-8 Oktober 2022.

Memasuki bulan Oktober 2022, cuaca mulai berubah di beberapa daerah, dari kemarau ke penghujan.

Bahkan, pada September 2022, sudah mulai terjadi hujan dengan intensitas tinggi di beberapa daerah.

“Hasil analsisi kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya belokan dan perlambatan kecepatan angin yang meningkatkan pola konektivitas,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG , Guswanto.

Selain disebabkan adanya belokan dan perlambatan kecepatan angin yang meningkatkan pola konektivitas, Guswanto juga berujar tentang aktoofnya fenomena Madden Jullian Oscillation (MJO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuator dan gelombang Kelvin.

Gelombang Rossby Ekuator dan gelombang Kelvin dapat memaksimalkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

“Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang untuk periode 2-8 Oktober 2022,” ujar Guswanto dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Beberapa wilayah yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang untuk periode 2-8 Oktober 2022:

1. Provinsi Aceh2. Sumatera Utara3. Sumatera Barat4. Kepulauan Riau5. Riau6. Kepulauan Bangka Belitung7. Jambi8. Bengkulu9. Sumatera Selatan10. Lampung11. Banten12. DKI Jakarta13. Jawa Barat14. Jawa Tengah15. Daerah Istimewa Yogyakarta16. Jawa Timur17. Bali18. Provinsi NTB19. Kalimantan Barat20. Kalimantan Timut21. Kalimantan Utara22. Kalimantan Tengah23. Sulawesi Utara24. Sulawesi Tengah25. Sulawesi Barat26. Sulawesi Tenggara27. Sulawesi Selatan28. Papua Barat29. Papua.

Selain itu, Sumatera Barat, Bengkul, dan Jawa Barat berstatus siaga menghadapi dampak hujan lebat pada 1-3 Oktober 2022.***