SURYA.CO.ID, PAMEKASAN – Beberapa daerah di Jatim secara serentak menandai pembagian bendera Merah Putih gratis kepada masyarakat untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-77, Rabu (10/8/2022). Seremonial itu juga dilakukan Pemkab Pamekasan melalui perwakilan ketua RT di sejumlah kecamatan di Pendopo Mandhapa Agung Ronggosukowati, Pamekasan, Rabu (10/8/2022).

Bendera Merah Putih gratis kepada warga ini disalurkan lewat Badan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pemkab Pamekasan. Dan untuk penyerahan secara simbolis terhadap beberapa ketua RT, dilakukan Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam.

Pemberian bendera gratis ini dihadiri Kapolres Pamekasan, AKP Rogib Triyanto; Dandim 0826 Pamekasan, Letkol (Inf) Ubaydillah; Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Pamekasan, Mukhlis. Kemudian Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sigit Priyono, beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan camat, serta 40 ketua RT.

Dalam sambutannya, Kepala Bakesbangpol Pamekasan, Imam Rifadi mengatakan, pemberian bendera gratis kepada masyarakat ini, berdasarkan surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 003.1/2849/2022 yang intinya agar masyarakat diberikan bendera untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan menggugah jiwa nasionalisme.

Menurut Imam, bendera gratis yang diberikan kepada masyarakat ini merupakan sumbangan dari seluruh OPD di Pamekasan, perbankan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), partai politik yang memiliki wakil di DPRD Pamekasan. Serta sejumlah pengusaha di Pamekasan dan terkumpul sebanyak 641 lembar.

“Kami berharap kepada ketua RT yang kami undang ke sini, untuk memberikan bendera kepada warganya yang tidak memasang bendera dan tidak memiliki bendera. Sehingga masyarakat semakin cinta Indonesia dengan mengibarkan Bendera Merah Putih,” ujar Imam.

Bupati Baddrut Tamam mengajak semua untuk bersyukur kepada Allah karena Indonesia saat ini aman dan damai, dibanding dengan negara-negara lain. Baddrut menyatakan, seminggu berlakangan ini kebetulan pihaknya berkeliling ke beberapa daerah, dan menjumpai banyak cara warga menyambut hari kemerdekaan ini dengan antusias.

Di antaranya, renungan malam sambil berdoa kepada Allah, gerak jalan, pengajian dan istiqhotsah. “Ya semua itu, merupakan bagian dari bentuk syukur atas kemerdekaan negara kita ini,” ujar Baddrut.

Ketua RT 05/RW 03, Kelurahan Patemon, Kecamatan Kota Pamekasan, Sundari mengucapkan terima kasih kepada bupati yang telah peduli dengan memberikan bendera Merah Putih gratis kepada warganya.

“Kami akan memberikan beberapa lembar bendera ini kepada warga yang tidak memiliki bendera. Semoga dengan pemberian bendera gratis ini, warga senang dan segera dipasang di depan rumahnya,” kata Sundari. ****


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.