tentang.co.idTRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sudah umum diberitakan bahwa bakteri dalam gigi dapat menyebabkan penyakit jantung.

Namun ternyata tak hanya itu saja, bakteri dalam mulut juga dapat menyebabkan sinusitis.

Hal ini diungkapkan oleh Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi yang berpraktik di Dental Specialist Clinic RS Pondok Indah, drg. Hanny Ilanda, Sp.KG.

Sinus maksilaris adalah rongga sinus terbesar yang letaknya berada di bawah mata dan di atas gigi geraham rahang atas.

Sinus merupakan beberapa pasang ruang kosong yang terhubung ke rongga hidung.

Akar gigi geraham rahang atas umumnya berada sangat dekat dengan dasar sinus maksilaris. Bahkan, pada beberapa kasus, ada yang akar giginya menyatu dengan dasar sinus.

Posisi anatomis tersebut yang menyebabkan infeksi gigi meluas hingga ke akar bisa menyebabkan sinusitis.

Begitu juga sebaliknya, radang yang terjadi pada sinus akan menyebabkan sakit pada gigi di bawahnya.

Apabila sudah terjadi kondisi ini, maka tak hanya perawatan pada gigi yang harus dilakukan, melainkan juga disertai dengan penanganan sinusitis dengan terapi antibiotik dan obat-obatan penunjang.

“Oleh karenanya, perlu melakukan pencegahan gigi berlubang dengan langkah-langkah langkah yang sangat sederhana,” papar dr Hanny pada keterangan resmi, Senin (12/9/2022).

Berikut 10 langkah sederhana untuk mencegah gigi berlubang:

“Jangan lupakan juga rutin memeriksakan diri ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk mendapatkan perawatan gigi dan rongga mulut yang sesuai dengan kondisi gigi dan mulut ,” kata dr Hanny lagi .

Beberapa perawatan yang dapat dilakukan oleh dokter gigi dalam pemeriksaan rutin, misalnya pemeriksaan seluruh permukaan gigi.

Lalu membersihkan gigi dari berbagai plak dan noda akibat rokok, teh, ataupun kopi . Kemudian Penambalan dilakukan ketika ditemukan karies.

Selanjutnya pembersihan karang gigi dengan scaller. Jika gigi sudah terbebas dari masalah, seluruh permukaan gigi dioles dengan fluoride yang berfungsi melindungi gigi dari karies.

“Jadi, mulai sekarang, jangan ke dokter gigi kalau sudah ada keluhan saja, ya. Yuk, bentuk kebiasaan baru untuk cek rutin kondisi gigi dan mulut ke dokter gigi,” pungkasnya.

Dinkes Kalbar Gelar Kegiatan ‘Sikat Gigi Bersama’ dalam Memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut