Jakarta: Relawan yang tergabung dalam Kolaborasi Warteg Indonesia (Kowarteg) menyuarakan dukungan untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Mereka menyampaikan aspirasi Ganjar Pranowo Presiden 2024 dengan menyasar ke pengemudi bajaj dan angkutan kota (angkot) yang beroperasi di Jakarta Selatan, Senin, 15 Agustus 2022. 
 
“Kegiatan hari ini berfokus di Tebet, terus di Fatmawati, di Kalibata dan di Saharjo. Sasarannya pengemudi bajaj, sopir angkot, dan masyarakat sekitar yang membutuhkan. Ada 1.000 paket makanan dan alat dapur yang dibagikan,” kata Sekretaris Umum Tim Relawan Kowarteg Indonesia Seno Herlangga di Jalan Tebet Barat IV, Jakarta Selatan, Senin, 15 Agustus 2022.
 
Para pengemudi bajaj yang tengah beristirahat begitu antusias melihat sejumlah relawan Kowarteg mengenakan baju berkelir hitam dengan gambar wajah Ganjar. Mereka langsung ikut mengenakan baju yang sama dan meneriakan Ganjar Presiden 2024.


Seno mengatakan gebrakan ini merupakan kegiatan lanjutan yang lahir dari sikap dan figur kepemimpinan Ganjar. Sebab, Ganjar dinilai sangat peduli terhadap masyarakat kecil, berintegritas, dan jujur.
 
“Karena kita terinspirasi dari Pak Ganjar, beliau itu bermasyarakat dan terbukti dia sangat mengayomi masyarakat kecil, apalagi dia sering berbagi. Maka dari itu kita termotivasi untuk ikut mendukung,” jelas Seno.
 
Seno menerangkan dalam kegiatan ini pihaknya turut mendengar keresahan dari masyarakat, sopir bajaj, dan sopir angkot. Salah satunya mengenai kelesuan ekonomi di era serba digital.
 
“Mereka sangat terbantu dan sangat mendukung gerakan kami. Mudah-mudahan ikhtiar kami dari Kowarteg Indonesia untuk Pak Ganjar Pranowo bisa menjadi pemimpin kami, [residen 2024,” ungkap Seno.

Dia mengungkap hadirnya Kowarteg Indonesia diharapkan bisa jadi wadah untuk masyarakat yang ingin Indonesia menjadi lebih baik lewat kepemimpinan Ganjar Pranowo. Sehingga, dia memastikan gerakan serupa akan terus digelar di sejumlah daerah. 
 
“Karena ini bermanfaat untuk masyarakat kecil juga, secara langsung juga kepada para pemilik warteg tentunya ya kita turut membantu perputaran ekonominya,” tegas Seno.
 
Salah satu pengemudi bajaj, Samsudin, 57, menginginkan kesejahteraan supir bajaj dapat lebih diperhatikan. Dia percaya, Ganjar Pranowo dapat mewujudkan aspirasi tersebut.
 
“Saya merasa bangga dan senang orang seperti pak Ganjar bisa menjadi presiden, beliau orangnya ramah, waktu jadi gubernur pernah lihat secara langsung di taman mini, murah senyum,” kata Samsudin.
 

(LDS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.