Lampung Timur: Ribuan emak-emak di Gunung Pasir Jaya, Kecamatan Sekampung Udik, Lampung Timur, menggelar acara Hut ke 77 Kemerdekaan RI selama tiga hari berturut-turut. Gelaran ini juga sekaligus jadi perayaan ulang tahun ke 33 Desa Gunung Pasir Jaya.
 
Kegiatan yang diselenggarakan emak-emak yang tergabung dalam relawan Mak Ganjar Lampung ini diisi berbagai perlombaan yang menarik.
 
Koordinator wilayah Mak Ganjar Lampung, Noor Nadhia Chrismaryantie, mengatakan acara tersebut dihadiri sekitar 1.000 emak-emak yang berasal dari 15 desa di Gunung Pasir Jaya.


“Di sini emak-emaknya memiliki latar belakang suku dan budaya yang berbeda-beda. Ada yang asli Lampung. Ada juga yang mayoritas desanya dari suku Bali, ada juga yang dari suku Jawa,” kata Nadhia, di Lampung Timur, Sabtu, 20 Agustus 2022.
 

Meski berasal dari suku, agama, dan budaya yang berbeda, namun Nadhia menegaskan bahwa mereka tidak pernah mempermasalahkan perbedaan tersebut. Emak-emak di Gunung Pasir Jaya tetap kompak untuk mensukseskan gelaran acara setahun sekali tersebut.
 
“Kegiatan hari ini kita juga menggelar upacara bendera, lomba tumpeng, lalu ada juga kita lakukan pawai mengelilingi desa-desa di Gunung Pasir Jaya. Sementara untuk lomba kebersihan, itu kita lihat siapa yang lingkungannya banyak tempat sampah, sistem drainasenya baik, serta bagaimana keindahan lingkungannya,” jelasnya.
 
Selain menggelar sejumlah perlombaan, Nadhia menyebut Mak Ganjar juga melakukan doa bersama agar Indonesia bisa semakin maju dengan diberikan pemimpin yang tepat pada pemilu 2024.
 
“Tiga pemuka agama, dari Islam, protestan, dan Hindu, kami hadirkan untuk ikut berdoa bersama kami, mengharapkan kemakmuran negeri ini dengan dihadirkannya pemimpin yang berkompeten,” ungkap Nadhia.
 
Mak Ganjar pun meyakini bahwa sosok tersebut adalah Ganjar Pranowo. Ganjar disebut pemimpin yang diidam-idamkan para emak-emak di Gunung Pasir Jaya saat ini.
 
Lewat sikap tegas, bijaksana, dan peka terhadap permasalahan rakyat, mampu membuat Ganjar Pranowo menjadi pemimpin yang tepat untuk Indonesia.
 
“Kami emak Ganjar, berharap Ganjar Pranowo bisa sukses memimpin Indonesia dan membimbing para perempuan, khususnya emak-emak. Sebab, jika perempuan bisa tangguh, maka keluarga pasti utuh,” ujar Nadhia.
 

(DEN)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.