tentang.co.id – Sebanyak lima perusahaan dan lembaga, baik negeri maupun swasta, dianugerahi penghargaan “Anugerah CSR Republika 2022” karena dianggap telah berkontribusi kepada masyarakat.

Kelima perusahaan tersebut antara lain Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk kategori pendidikan, Huawei Indonesia untuk kategori infrastruktur, Adaro Indonesia untuk kategori lingkungan, Pertamina untuk kategori ekonomi, serta Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) untuk kategori sosial .

Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi mengatakan ini merupakan gelaran pertama Republika khusus untuk program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR).

Menurutnya, penghargaan tersebut diberikan untuk mengapresiasi kinerja lembaga atau perusahaan yang menginspirasi melalui program CSR yang telah berkontribusi dalam pemulihan Indonesia dari berbagai sektor.

“Acara ini merupakan apresiasi dari kami untuk para pelaku usaha milik pemerintah maupun swasta yang secara serius mendampingi dan memberdayakan masyarakat,” katanya saat membuka acara tersebut yang diikuti secara virtual di Jakarta, Selasa.

Anugerah CSR Republika 2022 mengangkat tema “Kolaborasi untuk Negeri. Acara tersebut dilaksanakan secara hybrid bertempat di JS Luwansa Hotel, Jakarta. Acara juga dihadiri para tamu undangan di antaranya termasuk Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki, serta Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar

Sementara itu, Kepala Redaksi Republika.co.id Elba Damhuri menambahkan setiap tahun pihaknya selalu memberikan apresiasi atau penghargaan kepada setiap individu atau lembaga yang memang memberikan inspirasi besar kepada bangsa Indonesia.

“Dan tahun ini kami fokus kepada CSR karena sejak kita pandemi sampai saat ini betapa program-program CSR benar-benar tidak hanya membantu masyarakat tetapi juga memberikan inspirasi besar kepada siapa saja, termasuk kepada Republika,” katanya.

Elba mengatakan penilaian Anugerah CSR terdiri dari beberapa indikator seperti program, konsistensi, jangkauan, kedekatan, dampak, dan endurance program CSR. Menurutnya, tim juri sudah menilai dan mempelajari puluhan perusahaan yang memiliki program CSR, baik dari BUMN maupun perusahaan swasta lainnya.