tentang.co.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan baru saja kembali dari Amerika Serikat (AS), bertemu dengan sederet pejabat negara setempat beserta kalangan dunia usahanya.

Dalam berbagai pertemuan, Luhut juga mengatakan Indonesia sering mendapat pujian dari negara lain.

“Jangan kita menyerang diri sendiri. Dunia melihat Indonesia adalah kekuatan baru, dan ini disampaikan pada pertemuan di Amerika dan tempat lain, Indonesia adalah super power mini yang bisa maju ke depan. kita harus bangga dan tidak perlu ragu terhadap itu kalau kita kuat dan kompak pasti bisa,” katanya dalam Konferensi Pers F1H20, Selasa (27/9/2022).

Kini dunia dihadapkan pada ancaman resesi yang disebabkan oleh banyak faktor. Antara lain ketegangan geopolitik hingga perubahan kebijakan moneter negara maju.

“Di tengah global resesi yang mungkin akan terjadi tahun depan, yang kita tahu akibat perang di Ukraina dan ketegangan di Tiongkok. kita perlu semua kompak menghadapi keadaan ini. jangan sampai membuat hal-hal yang tidak perlu diantara kita karena bisa menyerang kita semua,” terang Luhut.

Luhut meminta semua pihak bisa bekerjasama dalam menghadapi tantangan resesi. “Kalau kita lebih hati – hati lebih kompak lebih bekerja sama.. akan berdampak mengurangi pressure dari ekonomi dunia,” katanya.

“Langkah-langkah tim baik sekali dalam mengatasi hal ini, tidak ada yang sempurna tapi kalau kita mau bekerja semua lini kita lihat pangan kita lihat, efisiensi kita lihat industri berjalan baik. saya kira kita bisa melewati perfect storm ini,” tambah Luhut.