Jakarta:  Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengajak segenap sivitas akademika Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung dan masyarakat Tapanuli Utara untuk bersama berjuang mewujudkan transformasi IAKN menjadi Universitas Agama Kristen pertama di Indonesia. 
 
Ajakan ini disampaikan Yaqut saat bertemu sivitas akademika IAKN Tarutung sekaligus meresmikan Rumah Moderasi Beragama di Kampus IAKN Tarutung di Kabupaten Tapanuli Utara, provinsi Sumatra Utara. 
 
“Ini adalah keinginan dan cita-cita besar kita bersama agar IAKN Tarutung segera bertransformasi menjadi universitas, Saya berkomitmen IAKN Tarutung secepatnya menjadi universitas. Saya tidak ingin pendidikan di bawah Direktorat Bimas Kristen Kementerian Agama tertinggal dari perguruan tinggi keagamaan lainnya. Tentu akan berat bagi IAKN bersaing dengan perguruan tinggi lain jika statusnya masih institut,” ujar Yaqut, dilansir dari laman Kemenag, Minggu, 21 Agustus 2022.


Tampak hadir, Bupati Toba Poltak Sitorus, Bupati Tapanuli Utara, Wakil Bupati Serdang Bedagai, Rektor IAKN Tarutung Albiner Siagian dan Kakanwil Kemenag Sumatera Utara Amri Siregar.  Hadir juga Stafsus dan Tenaga Ahli Menteri Agama, di antaranya Wibowo Prasetyo, Abdul Rochman dan Hasan Basri Sagala yang akan bertugas mengawal dan memfasilitasi proses transformasi IAKN Tarutung menjadi universitas.
 
Sekali lagi kami berkomitmen penuh agar IAKN segera bertransfromasi menjadi Universitas Kristen Negeri. “Rencana kita adalah mewujudkannya. Nanti Pak Wibowo, Pak Adung dan Pak Hasan akan memfasilitasi semua keperluan IAKN untuk menjadi universitas. Jadi harus cepat dan saya berharap kerja sama dengan civitas akademika untuk mewujudkan cita-cita besar ini. Minimal jelang tahun 2024 transformasi dan pembangunan gedung baru sudah terwujud,” pinta Yaqut.
 
Ia menambahkan komitmen untuk transformasi IAKN menjadi Universitas Agama Kristen pertama di Indonesia harus benar-benar disiapkan. Untuk kebutuhan lahan, lanjut Menag Pemkab Toba sudah berkomitmen menghibahkan tanah untuk IAKN seluas 10 hektare. 
 
Menag berkeinginan, selain transformasi, Univeritas Kristen Agama Negeri nantinya dapat menjadi contoh oleh perguruan tinggi lainnya. Jika proses hibah lahan sudah berjalan, maka dimulai pembangunan fisik kampus di Tapanuli Utara dan Kabupaten Toba.
 
“Doakan apa yang kita ikhtiarkan ini benar-benar segera tercapai. Jadi harus ada usaha bersama untuk mewujudkan transformasi menuju universitas. Siapkan segala syarat untuk menjadi universitas dan Kemenag akan memberi kemudahan untuk itu,” tandas Yaqut.

 

(CEU)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.