Bandung: Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, mengukuhkan 99 anggora Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Bandung tahun 2022. Pengukuhan anggota Paskibraka tersebut tanpa dihadiri langsung oleh Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.
 
Proses pengukuhan Paskibraka Kota Bandung berlangsung di Plaza Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, pada Senin, 15 Agustus 2022. Sejumlah tokoh serta forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kota Bandung menghadiri proses pengukuhan.
 
Bahkan para orang tua anggota Paskibraka pun turut menyaksikan putra puteri mereka yang tahun ini mendapat kesempatan untuk mengibarkan bendera merah putih pada upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus nanti di Plaza Balai Kota Bandung.


Baca: Presiden Kukuhkan 68 Anggota Paksibraka 2022
 
Para anggota Paskibraka tersebut merupakan para pelajar tingkat SMA di kota Bandung yang terpilih setelah mengikuti seleksi dan latihan dalam dua pekan terakhir. 
 
“Ada 99 para siswa yang sudah terseleksi dan itu perjuangan yang luar biasa. Harapannya, tentunya selain menjadi bagian pembelajaran dan kebanggaan dari mereka, nanti bisa melaksanakan tugas sebaik baiknya  hasil latihan ini bisa secara maksimal direalisasikan, diwujudkan sehingga menjadi bagian yang mengagungkan proses upacara ini yang sangat sakral yaitu pada hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 di tahun 2022 ini,” ujar Ema kepada usai pengukuhan Paskibraka Kota Bandung di Plaza Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Senin, 15 Agsutus 2022.
 
Ema mengatakan Yana tak bisa hadir lantaran baru pulang dari perjalanan dinas luar kota. Yana sebelumnya bertolak ke Bali untuk membuka pameran UMKM produk Kota Bandung sejak Sabtu, 13 Agustus kemarin. 
 
“Pak Wali sebetulnya tadi baru pulang melaksanakan dinas, jadi beliau perlu recovery, karena memang waktunya berdekatan, beliau menugaskan kepada saya,” sahut Ema.
 
Ema menuturkan Yana akan memimpin rangkaian kegiatan Hari Kemerdekaan RI tingkat Kota Bandung termasuk upacara pengibaran bendera pada 17 Agustus nanti. Ema pun memastikan, mesti tak hadir dalam proses pengukuhan, Yana tetap memberikan atensi dan apresiasi terhadap anggota Paskibraka yang terpilih.
 
“Bukan berarti beliau tidak memberikan atensi perhatian. Insya Allah besok rangkaian 17-an semua dipimpin oleh pak walikota,” ujar Ema.
 

(NUR)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.