tentang.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berjanji akan menyempurnakan Jakarta International Stadium (JIS) yang dituding Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI ) tidak berstandar FIFA .

“Nanti ada beberapa yang memang harus disempurnakan, kita akan sempurnakan,” katanya, kepada wartawan di Balai Kota Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Senin 12 September 2022.

Menurut dia, JIS dibangun tidak hanya sebagai stadion yang megah, tapi berstandar internasional. Kritik yang disampaikan PSSI itu menurut dia hanya ingin JIS memenuhi standar internasional.

Secara umum menurut dia, JIS tidak hanya baik dan megah, tapi secara kapasitas merupakan salah satu stadion yang besar.

“Tapi dari PSSI ada bebrapa tambahan syarat yang harus dipenuhi,” ujarnya.

Terpisah, PT Jakarta Propertindo menepis tudingan PSSI yang menyebut bahwa Jakarta International Stadium (JIS) tidak bisa menggelar FIFA matchday.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Proyek JIS Arry Wibowo menengaskan dari aspek perencanaan dan pembangunan, stadion itu telah standar yang ditentukan FIFA .

“Stadion berstandar FIFA dilihat berdasarkan kelengkapan fasilitas, infrastruktur serta memenuhi rekomendasi teknis dan persyaratannya hingga penyediaan fasilitas hospitality,” katanya.

“Artinya, dari aspek perencanaan dan pembangunan, JIS sudah memenuhi dengan standar yang ditentukan FIFA ,” katanya.

Arry menyebut sertifikasi pertandingan merupakan hal yang terpisah, semisal apakah akan digunakan untuk menyelenggarakan piala Asia atau Piala Dunia.

Dengan begitu, sertifikasi dilakukan secara terpisah mengikuti standar dari masing-masing pertandingan.

PSSI membatalkan penggunaan JIS dalam laga FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Curacao.

Menurut mereka, stadion berkapasitas 80 ribu tempat duduk itu untuk sementara tidak layak digunakan.

JIS semula menjadi satu dari dua stadion untuk menggelar FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Curacao.

Skuad Garuda dijadwalkan menggelar dua kali pertandingan melawan Curacao, pertama di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada 24 September 2022 dan di JIS pada 27 September 2022.***