Suara.com – Rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J dilakukan hari ini, Selasa (30/8/2022) di dua lokasi, yaitu rumah dinas dan rumah pribadi mantan Kadiv Propam Ferdy Sambo.

Seluruh tersangka dihadirkan untuk mengikuti rekonstruksi dan berikut serba-serbi dari kegiatan rekonstruksi pembunuhan Brigadir J tersebut.

Rumah Dinas dan Pribadi Ferdy Sambo Dijaga Ketat

Pasukan bersenjata laras panjang dari Brimob menjaga ketat rumah dinas Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan. Begitu pun dengan rumah pribadinya yang hanya berjarak sekitar 1 KM.

Baca Juga:
Sempat diusir, Ini Alasan Polisi Tidak Izinkan Pengacara Brigadir J Saksikan Rekontruksi Ferdy Sambo Cs

Pantauan Suara.com di lokasi, Jalan Saguling III, pukul 09.30 WIB, sejumlah personel Brimob menggunakan senjata lengkap dan helm pelindung berjaga di sekitar rumah pribadi Ferdy Sambo.

Terlihat pula di lokasi personel dari Provos dan Pusdokkes berjaga di sepanjang jalan menuju arah rumah Ferdy Sambo. Kendaraan taktis milik Korps Brimob tampak beberapa kali mondar mandir disana.

Para Tersangka Kecuali PC Pakai Baju Tahanan 

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi menyebut lima tersangka dalam kasus ini, yaitu Ferdy Sambo dan istrinya Putri Candrawathi, Bharada E alias Richard Eliezer, Bripka RR alias Ricky Rizal, dan KM alias Kuat Maruf akan dihadirkan.

Terkecuali Putri Candrawathi, empat tersangka lainnya akan menjalani rekonstruksi dengan mengenakam baju tahanan. PC tidak menggunakannya lantaran belum berstatus tahanan meski sudah ditetapkan tersangka.

Baca Juga:
Momen Ferdy Sambo Jalani Rekonstruksi Dengan Tangan Diborgol Dan Pakai Baju Tahanan

78 Adegan akan Diperagakan

Brigjen Pol Andi Rian juga mengatakan ada 78 adegan yang akan diperagakan oleh lima tersangka. Sebanyak itu meliputi tiga lokasi, yakni rumah dinas, pribadi, dan di Magelang terdapat 16 adegan yang terjadi pada tanggal 4,7, dan 8 Juli 2022.

Kemudian di rumah Saguling (rumah pribadi Ferdy Sambo) sebanyak 35 adegan yang terjadi pada tanggal 8 Juli 2022. Lalu, di rumah Duren Tiga (rumah dinas) sebanyak 27 adegan.

Kamaruddin Tak Diizinkan Melihat Rekonstruksi

Kuasa hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak turut hadir dalam rekonstruksi kasus pembunuhan kliennya. Ia terlihat hadir sekitar pukul 10.01 WIB.

Pantauan Suara.com, Kamaruddin berjalan melintas di depan rumah dinas Ferdy Sambo dengan arahan beberapa anggota polisi. Ia tampak mengenakan pakaian kemeja putih dan dasi berwarna merah.

Namun pihaknya dibuat kecewa karena tidak diizinkan masuk memantau langsung proses rekonstruksi.

“Yang boleh ikut penyidik, tersangka, pengacara tersangka, LPSK, Komnas HAM, dan Brimob. Kami tak boleh lihat,” ungkap Kamaruddin.

Ia pun tidak tahu mengapa pihaknya ditolak untuk melihat langsung proses rekonstruksi. Menurutnya, ia sebagai pengacara korban diperbolehkan untuk melihat proses rekonstruksi sebagai bentuk transparansi.

Dengan begitu pihaknya bisa menyaksikan apakah adegan peradegan yang diperagakan dalam rekonstruksi akan sesuai atau tidak dengan peristiwa sebenarnya.

Tiga Tersangka Datang dengan Tangan Terikat

Tiga tersangka kasus pembunuhan Brigadir J, yakni Bharada E, Bripka RR dan Kuwat Ma’ruf tiba di rumah pribadi Ferdy Sambo di Jalan Saguling III, Jakarta Selatan untuk menjalani rekonstruksi.

Menurut pantauan Suara.com di lokasi, Selasa (30/8/2022), ketiga tersangka tersebut tiba di lokasi rekonstruksi pada pukul 10.06 WIB. Bharada E, Bripka R dan Kuwat Ma’ruf dengan tangan tali terikat tali ties.

Ketiga tersangka tiba di rumah pribadi Ferdy Sambo menggunakan kendaraan taktis Brimob. Ketiganya pun dijaga ketat oleh Brimob bersenjata lengkap.

Ferdy Sambo Tiba Duluan

Ferdy Sambo sudah datang terlebih dahulu menggunakan mobil taktis Korps Brimob sekitar pukul 09.24 WIB. Mobil tersebut nampak melintas di depan rumah dinas menuju rumah pribadinya. Adapun Putri Candrawathi juga sudah berada di dalam lokasi.

Dalam rekaman video live yang ditayangkan Youtube Polri TV Radio, istri dari Ferdy Sambo itu terlihat bugar dan mengenakkan pakaian serba putih, dari baju hingga celana. Sementara itu, Ferdy Sambo terlihat mengenakan baju tahanan berwarna oranye.

Putri juga tampak mengenakkan masker berwarna senada. Dalam proses rekonstruksi pembunuhan Brigadir J, ia melakukan sejumlah adegan yang diawasi dan dipandu oleh tim khusus Bareskrim Polri.

Bripka RR Serahkan Senjata kepada Bharada E

Dilihat dari siaran langsung Youtube Polri TV, tersangka Bharada E dan Bripka Ricky memperagakan adegan penyerahan senjata laras panjang. Adegan itu dilakukan di rumah pribadi Ferdy Sambo di Jalan Saguling.

Terlihat Rikcy memegang senjata api laras panjang di luar rumah. Dalam adegan kelima belas itu, terlihat tersangka Bripka Ricky menyerahkan senjata kepada Bharada E yang kemudiam dimasukan ke dalam mobil.

Putri dan Pemeran Pengganti Brigadir J Peragakan Adegan

Berdasar pantauan melalui siaran YouTube TV Polri terlihat Putri Candrawathi menperagakan adegan tiduran di atas ranjang tempat tidur. Terlihat pula sosok pria berbaju putih yang diduga merupakan peran pengganti Brigadir J.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.