tentang.co.id – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar berziarah ke makam Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno atau Bung Karno di Blitar, Selasa (27/9/2022).

Cak Imin , sapaan akrab Muhaimin, berharap seluruh pengurus dan kader PKB menjadikan Bung Karno sebagai teladan atas perjuangannya memerdekakan Indonesia dari tangan para penjajah.

“Kita ngalap berkah di sini, di makam Bung Karno. Kita serap semangat juang beliau yang luar biasa bagi kemerdekaan,” kata Cak Imin, dikutip dari siaran pers.

Cak Imin mengatakan, Bung Karno adalah sosok bapak bangsa yang diidolakan oleh banyak masyarakat.

Menurut dia, tak heran banyak orasi maupun pemikiran Bung Karno yang dijadikan kutipan untuk membakar semangat menjalani kehidupan.

Wakil ketua DPR itu menambahkan, jalan politik Bung Karno patut dijadikan teladan karena mampu merangkul semua pihak dalam berjuang, termasuk para ulama, kiai, dan santri.

“Jalan politik beliau patut kita teladani, beliau dengan siapapun, kalangan manapun, termasuk para kiai dan santri. Kalau ada problem bangsa yang sulit dipecahkan, beliau tak segan sowan Kiai, minta pendapat dan solusi bagaimana mengatasinya,” ujar Cak Imin.

Sebelumnya, pada Minggu (25/9/2022) lalu, Cak Imin bertemu dengan Ketua DPP PDI-P Puan Maharani yang juga cucu Bung Karno di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Saat itu, Cak Imin dan Puan berziarah ke makam ayah Puan, Taufik Kiemas, dilanjutkan makan pagi dengan menu pecel.

“Kesukaannya sama, jangan-jangan cocok,” ujar Puan saat memilih lauk bersama Cak Imin.

Mendengar ucapan tersebut, Cak Imin yang berdiri di samping Puan tertawa. Usai mengambil makanannya masing-masing, Puan dan Cak Imin menyantap pecel di meja yang sama.