Jakarta: Sejumlah isu di Kanal Nasional Medcom.id menjadi yang terpopuler sepanjang Senin, 15 Agustus 2022. Pembentukan gugus tugas pengawalan Bharada Richard Eliezer (E) hingga 40 partai politik (parpol) jadi peserta Pemilu 2024 menjadi artikel paling disorot pembaca.
 

Berikut tiga artikel terpopuler di Kanal Nasional Medcom.id:

1. LPSK Bentuk Gugus Tugas Pengawalan Bharada E

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) resmi menetapkan Bharada E sebagai justice collaborator (JC) dalam kasus pembunuhan Brigadir J pada Senin, 15 Agustus 2022. LPSK membentuk gugus tugas khusus untuk mengawal Bharada E sepanjang proses hukum kasus kematian brigadir J.
 
“Untuk kasus ini kami juga akan membentuk task force dari kedua biro,” kata Ketua LPSK, Hasto Suroyo, dalam tayangan Breaking News di Metro TV, Senin, 15 Agustus 2022.
 
Hasto menjelaskan pelayanan kepada saksi dan korban di LPSK dibagi ke dua biro. Biro Penelaahan dan Permohonan (PP) serta Biro Pemenuhan Hak Saksi dan Korban.
 




Selengkapnya baca di sini

 

2. Periksa Bharada E, Komnas HAM: Semakin Kuat Ada Pelanggaran HAM

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) selesai memeriksa Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu (RE) atau E di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan. Komnas HAM menemukan indikasi kuat ada pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dalam insiden yang menewaskan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.
 
“Semakin lama semakin terang benderang, semakin kuat pelanggaran HAM terkait obstruction of justice (penghalangan keadilan),” kata komisioner Komnas HAM bidang pemantauan dan penyelidikan Choirul Anam dalam konferensi pers di Gedung Komnas HAM, Jakarta Pusat, Senin, 15 Agustus 2022.
 
Anam mengatakan indikasi pelanggaran HAM dikantongi usai mendengar keterangan Bharada E. Namun, dia tak membeberkan detail apa saja yang disampaikan ajudan eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo itu. Hanya, Anam menyebut pelanggaran HAM dan obstruction of juctice terjadi mulai dari kisah di Magelang, Jawa Tengah.
 




Selengkapnya baca di sini

 

3. 40 Parpol Resmi Mendaftar Jadi Peserta Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU)  mencatat 40 partai politik (parpol) resmi mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 hingga batas waktu penutupan, Minggu, 14 Agustus 2022, pukul 23.59 WIB. Sebanyak 40 parpol yang mendaftar berasal dari 43 parpol pemegang akun sistem informasi partai politik (Sipol) KPU.
 
“40 Parpol resmi mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024,” kata Komisioner KPU August Mellaz dalam jumpa pers di Jakarta, Senin dini hari, 15 Agustus 2022.
 
Dia menerangkan dari 40 parpol yang mendaftar, 24 parpol berkas pendaftaran dinyatakan lengkap. Sedangkan 16 parpol lainnya sedang dalam proses periksaan.
 




Selengkapnya baca di sini

Informasi terkait tiga isu itu akan terus diperbarui di Kanal Nasional Medcom.id. Klik di sini untuk mendapatkan informasinya.
 

(JMS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.