Penyebab ban mobil benjol ternyata bukan hanya disebabkan jalanan yang tidak mulus alias berlubang. Ternyata, ada beberapa penyebab ban benjol yang membahayakan bagi pengendara mobil.

Mungkin banyak yang sering mengeluhkan masalah ban adalah bocor karena tertusuk benda tajam. Tapi, tahukah kamu bahwa ban bocor tertusuk benda tajam bisa jadi karena ban mobilmu benjol di samping.

Untuk itu, jangan sepelekan kondisi ban mobil benjol yang disebabkan putusnya benang ban. Hal ini membuat ban tidak memiliki penahan di sisi kiri dan kanan. 

Bagi kamu pengendara mobil, berikut ulasan lengkap mengenai penyebab ban mobil benjol dan cara mengatasinya!

Penyebab ban mobil benjol

Salah satu awal mula ban mobil bisa benjol adalah ketika ban dengan tekanan udara kurang atau berlebih menghantam benda keras. 

Contohnya lubang atau polisi tidur. Jika sering terjadi, hal ini akan menyebabkan benang pada ban putus dan berakibat ban mobil benjol.

Lantas, kenapa ban mobil bisa benjol? Apabila dilihat dari proses terjadinya ban benjol, ada beberapa penyebab yang harus diwaspadai, seperti:

1. Ban sering terkena benda tajam dan keras

Seperti yang disebutkan di awal, benda keras dan tajam adalah dua material yang perlu dihindari ban mobil. Keduanya adalah penyebab ban mobil benjol yang biasanya dialami oleh mobil-mobil di perkotaan.

Tentunya, kita tidak bisa selalu mewaspadai benda tajam dan keras yang ada di jalan, terutama di malam hari. Benda tajam ini termasuk sekrup, paku, beling, dan batu yang bisa menyebabkan ban bocor.

2. Pengisian angin berlebih atau sebaliknya

Penyebab ban benjol yang paling sering adalah kurangnya tekanan angin atau justru berlebihan. Pengemudi yang tidak memperhatikan kondisi ban akan lebih cepat mengalami ban benjol bahkan kebocoran.

Jika ban mobil diisi angin berlebih, maka akan membuat ban mengalami masalah “kembung”, sehingga ketika angin berlebih dalam ban akan meningkatkan tekanan ketika terkena cuaca dan aspal panas. 

Sementara, jika angin kurang, maka benda keras seperti polisi tidur bisa merusak benang ban pada bagian samping ban.

3. Perubahan bentuk ban

Seturut penggunaan mobil, ban akan mengalami perubahan bentuk. Hal ini wajar karena bergesekan dengan permukaan aspal yang kasar dan panas. Apalagi, bahan ban dari karet yang akan mengalami pengikisan dan elastisitasnya terus berkurang.

Perubahan atau yang disebut deformasi ini akan semakin cepat karena tekanan angin pada ban kurang atau mobil kelebihan muatan. 

Ditambah lagi, penggunaan mobil untuk jarak tempuh jauh seperti mudik, hal ini bisa menyebabkan ban mobil benjol.

4. Kerusakan suspensi mobil

Penyebab ban benjol pada mobil yang terakhir adalah kerusakan suspensi. Komponen yang berfungsi untuk meredam getaran mobil ketika melalui jalanan tidak rata ini bisa mengalami kerusakan dan berdampak buruk pada ban.

Kerusakan yang dialami akan membuat kendaraan terasa sangat keras ketika dikendarai. Hal ini mempengaruhi pada bantingan roda mobil yang juga semakin keras. Ingat, benda keras dan tumpul bisa merusak benang pada ban.

Pada saat suspensi mati atau rusak artinya ban akan bekerja lebih keras terutama saat terkena trotoar atau batu yang tajam. Jika suspensi yang rusak dibiarkan begitu saja, maka risiko ban benjol pun kian besar.

Cara mengatasi ban mobil benjol

Bagaimana cara mengatasi ban benjol? Berikut sejumlah tips dan trik mengatasi ban benjol berdasarkan penyebabnya!

1. Cara mengatasi ban mobil benjol karena terkena benda tajam

Untuk mengatasi ban benjol karena benda tajam, maka kita harus mengubah gaya menyetir yang aman dan tidak asal. 

Jika kamu mengemudi ala koboi, tentunya akan membuat ban mobil lebih sering menghajar polisi tidur atau lubang.

Selain itu, pastikan menggunakan ban berkualitas. Konsultasikan dengan mekanik di bengkel resmi untuk mendapatkan saran terbaik. Setelah itu gunakan ban yang orisinil sehingga ketebalan, guratan ban, serta ukurannya benar. 

2. Cara mengatasi ban mobil benjol akibat pengisian angin

Untuk masalah yang satu ini, kita bisa siasati dengan mengisinya sesuaikan dengan ketentuan yang tercantum pada mobil kamu. Biasanya, setiap mobil akan mencantumkan informasi tekanan ban (tire-loading information/TLI).

Ketentuan ini tergantung diameter ban, ukuran velg, hingga bobot mobil kamu. Di samping itu, isi angin ban di bengkel resmi atau di SPBU.

3. Cara mengatasi ban mobil benjol karena perubahan bentuk ban

Untuk mengatasi ban benjol pada mobil karena perubahan bentuk, sebaiknya kamu memperhatikan muatan barang dan penumpang, ya! 

Jika kelebihan muatan, bukan ban kamu saja yang benjol, tapi juga bisa membuat mesin bekerja ekstra. Tentunya hal ini akan membuat mesin mobil lebih cepat panas dan berisiko rusak.

4. Cara mengatasi ban mobil benjol karena kerusakan suspensi

Terakhir, mengatasi ban benjol pada mobil karena suspensi adalah mencermati jalan yang kamu lalui. Jika berlubang dan tidak rata, kurangi kecepatan agar ban tidak terbentur keras dengan permukaan aspal.

Namun, jika kerusakan sudah parah, otomatis kamu harus mengganti suspensi mobil agar penyebab ban benjol bisa teratasi.

Risiko jika ban mobil benjol

Mungkin masih banyak orang yang menganggap remeh kondisi ban benjol. Tapi, tahukah kamu bahwa hal ini sangat berisiko dalam keselamatan berkendara?

Pasalnya, ban benjol bisa mengakibatkan ban robek atau meletus saat digunakan. Bayangkan jika hal tersebut dialami ketika mengemudi mobil dalam kecepatan tinggi.

Apa yang terjadi? Tentunya ada kemungkinan mobil terbalik atau mencelakai kendaraan lain. Pasalnya, ban yang benjol tidak mampu lagi menahan tekanan dari beban mobil serta gesekan pada aspal.

Jadi semua penyebab ban mobil benjol ini harus dicermati dan jangan dianggap remeh. Kamu sebagai pemilik dan pengguna mobil harus sering memperhatikan kondisi ban. 

Jika terpaksa harus pergi ke bengkel, kendarai mobil dengan kecepatan rendah dan hindari jalanan yang berbatu atau berlubang.

Apakah ban benjol harus diganti?

Dengan risiko yang ada, ban benjol sebaiknya diganti untuk mengurangi risiko kecelakaan. Sebab, ban yang sudah benjol sebenarnya tidak aman untuk digunakan, karena cenderung lebih mudah bocor.

Kondisi ban benjol menandakan benang ban putus di samping sehingga hanya tersisa karet ban yang tipis. 

Jika dipaksakan diisi udara, karet ban sudah tidak mampu menahan tekanan udara sehingga akhirnya bisa bocor. Jika sudah bocor, maka sudah tidak ada lagi kekuatan, tidak bisa kembali diisi dengan udara.

Kesimpulannya, jika tetap memaksakan menggunakan ban yang benjol dan menabrak benda keras dan tajam lagi, lapisan karet tidak bisa menahan tekanan udara sehingga ban mudah pecah atau bocor.

Oleh karena itu, bagi pemilik kendaraan, sangat penting untuk menjaga tekanan angin ban mobil yang sesuai rekomendasi pabrikan. Tekanan udara yang pas bisa mencegah ban benjol dan memperpanjang usia pakainya.

Biaya ganti ban mobil benjol di bengkel

Berapa biaya ganti ban mobil benjol di bengkel? Sebetulnya penggantian ini sama seperti kamu mengganti ban mobil pada umumnya, misalnya karena sudah expired atau robek akibat benda tajam.

Berikut ini kisaran biaya ganti ban mobil benjol di bengkel berdasarkan merek ban yang tersedia di Indonesia:

Jenis biaya Harga
Biaya jasa Rp150 ribu
Ban Bridgerstone Rp320 ribu – Rp3,1 juta
Ban Michelin Rp870 ribu – Rp5 juta
Ban Achilles Rp387 ribu – Rp3,2 juta
Ban Dunlop Rp329 ribu – Rp3,2 juta
Ban Falken Rp600 ribu
Ban Hankook Rp500 ribu

Pentingnya punya asuransi kendaraan

Saat terjadi kerusakan pada ban, misalnya saat ban benjol, biaya perbaikan tidaklah murah. Apalagi kalau diperlukan penggantian ban. 

Bukan cuma biaya perbaikan ban saja, biaya perbaikan seluruh komponen mesin mobil juga cukup tinggi. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan asuransi kendaraan.

Asuransi kendaraan bisa menanggung biaya perbaikan yang dibutuhkan. Jadi, kamu tidak perlu menguras kantong pribadi. Simak penjelasannya di video berikut ini.

Tanpa asuransi, tabungan dan investasi yang dimiliki harus dicairkan untuk memperbaiki mobil. Bahkan, jika tidak memiliki tabungan atau investasi, kamu bisa terjebak dalam skema utang.

Jadi, pastikan mobil dan kantungmu terlindung dengan asuransi all risk atau TLO yang sesuai kebutuhan dan bujet kamu, ya.

Nah, karena ada dua pilihan jenis asuransi mobil, lantas mana yang paling tepat untuk mobilmu? Sebaiknya, pemilihan jenis asuransi mobil disesuaikan dengan kebutuhan.

Kalau kamu tidak tahu jenis asuransi mobil seperti apa yang paling cocok dengan kondisi mobilmu, coba ikuti kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini.

FAQ seputar penyebab ban mobil benjol

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.