Selasa, 16 Agustus 2022 – 04:30 WIB

VIVA Travel – Nusa Penida adalah salah satu pulau eksotis yang ada di Bali. Terdapat tiga pulau Nusa yang sangat populer di kawasan ini, tapi Nusa Penida adalah pulau terbesar dari Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Kawasan wisata ini identik dengan wisata pantainya yang sangat cantik sehingga selalu menjadi buruan untuk para turis asing yang hendak ke Bali. 

Tidak heran bila akhirnya Nusa Penida dikatakan sebagai salah satu kepingan surga di Bali. Ada banyak juga spot menarik yang dapat ditemukan di sana. Seakan menjadi primadona yang baru untuk wisata di Bali, minat para wisatawan untuk mengunjungi Nusa Penida tidak pernah surut. Nah, bagi kamu yang tertarik, berikut ulasan tentang Nusa Penida selengkapnya. 

1. Pantai Kelingking

Pantai Kelingking di Nusa Penida.

Tempat pertama yang harus kamu sematkan di peta kamu ketika melihat hal-hal yang harus dilakukan di Nusa Penida. Sisi tebing berbentuk T-Rex di Pantai Kelingking ini telah meroketkan pariwisata ke langit dengan keindahan ikonik alamnya. Pantai Kelingking sendiri adalah surga berpasir putih terpencil yang dikelilingi oleh perairan pirus.

Untuk turun ke Pantai Kelingking memakan waktu sekitar satu jam dan resiko ditanggung sendiri. Pagar bambu tidak terlalu terawat dan kamu tidak boleh meletakkan 100% berat badan kamu di atasnya. Karena itu, Pantai Kelingking adalah tempat yang tidak boleh dilewatkan saat kamu melakukan wisata di Nusa Penida. kamu akan menemukan daya tarik pulau, termasuk 4 pantai, dengan pemandu. Plus nikmati transfer hotel dan naik speed boat.

2. Angel’s Billabong

Angel’s Billabong adalah kolam renang tanpa batas yang sangat indah dan terbentuk secara alami. Nusa Penida menjadi semakin populer di kalangan wisatawan karena formasi batuannya yang spektakuler, meskipun Angel’s Billabong berada di liga tersendiri. Di sana kamu benar-benar menikmati tempat ini dalam tur Nusa Penida. 

Selain itu, tempat yang satu ini juga menjadi lokasi yang sempurna untuk hang out dengan teman-teman dan menyaksikan lautan yang menerjang sambil mendinginkan diri dari jalan-jalan yang berkeringat. Tempat ini termasuk dalam sebagian besar tur, atau kamu dapat mengunjungi diri sendiri dengan skuter!

3. Broken Beach

Sunset Pantai Dreamland, Bali

Sunset Pantai Dreamland, Bali

Hanya 5 menit perjalanan singkat di tikungan dari Angel’s Billabong, datanglah tempat Instagram Bali lainnya, Broken Beach. Broken Beach adalah salah satu tujuan indah teratas di Pulau Nusa Penida. Terowongan melengkung memungkinkan lautan mengalir dalam membuat kolam alami dan tempat foto yang bagus.

Ini, bersama dengan Angel’s Billabong, adalah dua tempat paling populer untuk wisata Nusa Penida karena merupakan dua atraksi terdekat dengan pelabuhan feri. Dari Pantai Kelingking, Angel’s Billabong dan Broken Beach berjarak sekitar 45 menit perjalanan dengan mobil atau sepeda. Jika kamu berencana menjejalkan beberapa hal dan menginginkan kenyamanan, saya merekomendasikan untuk menyewa mobil dengan sopir. 

4. Crystal Bay

Crystal Bay, Nusa Penida, Bali.

Crystal Bay, Nusa Penida, Bali.

Selain itu, wisata di Nusa Penida selanjutnya adalah Crystal Bay dengan pohon palem yang sejajar dan pantai kecil pribadi. kamu harus menjelajah melalui seluruh hutan pohon sebelum kamu sampai ke sana dan tidak mungkin untuk tidak berhenti dan mengambil foto.

Dari semua hal yang dapat dilakukan di Nusa Penida, Pantai Crystal Bay adalah tempat yang sempurna untuk dikunjungi! Hemat waktu di akhir rencana perjalanan kamu untuk berjemur atau menikmati matahari terbenam untuk dikenang. Crystal Bay pasti memuaskan kecintaan kamu pada pohon palem.

5. Titik Tebing Banah

Pemandangan tebing dan laut di Malini Agro Park Uluwatu, Bali

Pemandangan tebing dan laut di Malini Agro Park Uluwatu, Bali

Jika kamu mencari salah satu sudut pandang terbaik di pulau ini, maka Banah Cliff Point pasti ada di daftar hal yang harus kamu lakukan di Nusa Penida. Jalan untuk mencapainya tentu saja merupakan salah satu perjalanan terberat dan terjal yang kamu temui dalam tur Nusa Penida tersebut.

Meskipun, jika kamu dapat menahan jalan bergelombang, kamu akan dihargai dengan tempat piknik yang epik. Sementara di pagi hari kemu bisa melihat sekilas pemandangan puncak tebing yang gila dan perairan biru yang berkilauan di bawah.

6. Kolam Alami Tembeling

Indahnya panorama Saren Cliff Point Nusa Penida.

Indahnya panorama Saren Cliff Point Nusa Penida.

Tempat yang satu ini sangat direkomendasikan oleh penduduk setempat untuk mengunjungi Kolam Alami Tembeling dan itu adalah permata yang luar biasa! Salah satu hal yang kurang dikenal untuk dilakukan di Nusa Penida digunakan sebagai sumber air oleh orang-orang yang tinggal di dekatnya. Selain itu, kamu juga harus mencari beberapa foto di Google dan mengambil kesempatan untuk menyelam ke perairan biru tropis.

7. Air Terjun Peguyangan

Air Terjun Kanto Lampo, Bali

Air Terjun Kanto Lampo, Bali

Air Terjun Peguyangan adalah tempat ikonik bagi wisatawan dan penduduk lokal, paling dikenal dengan tangga biru Nusa Penida. Meski pernah mendengar air terjunnya sedikit mengecewakan, tetapi pemandangan tepi tebing menebusnya. Jadi jangan pernah melewatkan menuju ke titik selatan pulau untuk mencari tahu sendiri.

8. Pantai Atuh

Pantai Atuh, Nusa Penida, Bali.

Pantai Atuh, Nusa Penida, Bali.

Dinilai salah satu pantai terbaik di Nusa Penida, perjalanan menuju ke Timur ke Pantai Atuh pasti harus menjadi salah satu hal utama yang harus dilakukan di Nusa Penida. Sebuah perjalanan yang adil dari sisi barat pulau, di mana sebagian besar tempat wisata berada, meskipun layak perjalanan pada hari yang cerah.

Bahkan di antara hujan deras di salah satu perjalanan yang menyenangkan, kamu juga bisa melihat betapa jernihnya air dan tetap ada percikan di sekitar.

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.