Airbag artinya adalah kantong udara yang menjadi perangkat keselamatan tambahan pada mobil. Airbag mobil dibuat bertujuan untuk meminimalisir cedera penumpang saat mobil mengalami tabrakan.

Namun tidak semua jenis tabrakan membuat airbag mobil bereaksi atau mengembang.

Pada kasus tabrakan dari samping, biasanya airbag mobil tidak mengembang atau aktif. Semua tergantung kondisi, merek, model, serta jumlah dan letaknya di mobil.

Oleh karena itu, penting untuk pengendara memahami fungsi dan kondisi airbag pada mobil masing-masing.

Terakhir pada kecelakaan tragis yang menewaskan Vanessa Angel dan suami, airbag mobil Pajero putihnya mengembang semua.

Hal ini lantaran, pada kejadian itu benturannya sangat keras akibat kecepatan mobil yang sangat cepat. Sehingga semua airbag Pajero yang jumlahnya 7 itu aktif semua.

Sayangnya, meskipun airbag mobil adalah bantalan yang berguna untuk meminimalisir benturan tubuh saat kecelakaan. Pada kejadian Vanessa Angel, dirinya tidak menggunakan sabuk.

Sehingga tubuhnya terhempas, dan ini bisa jadi pelajaran bersama bahwa airbag mobil adalah tambahan pengaman di samping sabuk pengaman.

Jenis-jenis airbag

Umumnya orang tahu airbag mobil adalah bantalan yang muncul di atas kemudi ketika terjadi benturan. Namun, perlu diketahui bahwa airbag mobil juga memiliki banyak jenis lainnya.

Jenis-jenis airbag sendiri terbentuk berdasarkan letak airbag itu terpasang. Adapun jenis-jenis airbag itu adalah:

1. Driver airbag

Jenis airbag pertama adalah yang paling umum ada dalam sebuah mobil. Karena seperti namanya, driver airbag berfungsi untuk melindungi pengemudi. Makanya letak airbag yang biasanya ada di setir atau roda kemudi.

Peletakan airbag di roda kemudi, lantaran benda ini paling awal terbentur oleh tubuh ketika terjadi tubrukan. Dengan adanya jenis airbag ini, kepala tak akan terbentur ke roda kemudi.

2. Side Airbag

Sesuai namanya airbag ini berada di samping pengemudi. Dengan adanya jenis airbag ini, tubuh pengemudi terlindungi dari benturan ke samping bagian mobil.

Tentunya airbag samping akan melindungi tubuh ketika mobil kalian ditabrak dari sisi mobil atau samping.

3. Passenger airbag

Passenger airbag mobil adalah airbag yang diperuntukkan untuk melindungi penumpang mobil. Khususnya penumpang yang duduk di samping pengemudi, alias di depan. Airbag pada jenis ini, disimpan dalam dashboard mobil.

Beberapa bahkan terpasang di luar dasbor mobil. Untuk itu, pastikan airbag ini tidak dipasang bersama dengan benda yang mudah terpental atau benda yang mampu melukai jika terkena wajah.

Benda seperti Ponsel, atau diecast besar atau pajangan lainnya. Hal ini untuk menghindari benda tersebut terpental karena airbag mengembang.

4. Curtain airbag

Jenis terakhir adalah curtain airbag. Airbag jenis ini lazim terpasang di atap bagian dalam mobil. Jenis airbag ini bisa melindungi kepala dan leher pengemudi dan penumpang mobil. Utamanya saat mobil terjungkal akibat kecelakaan.

Cara kerja airbag mobil

Cara kerja airbag mobil adalah bantalan ini mengembang dalam sepersekian detik untuk melindungi daerah tubuh. Airbang melindungi bagian tubuh yang vital, seperti kepala, leher, dan dada.

Sehingga letak airbag mobil biasanya sama saja semuanya, hanya saja beberapa mobil menyimpannya di beberapa titik. Namun paling sering ya di setir kemudi untuk pengemudi, dan di dashboard untuk penumpang di kursi depan.

Di kursi belakang biasanya airbag tersimpan di jok depan bagian belakang. Biasanya semakin mahal mobil, maka fitur keamanannya pun semakin banyak. Seperti Pajero milik Vanessa Angel, di mobil mewahnya itu terdapat 7 buah airbag.

Lebih jelas cara kerja airbag mobil adalah mobil memiliki sensornya sendiri. Jadi ketika sensor menilai ada perlambatan percepatan yang signifikan dan terjadi benturan keras pada bagian tertentu.

Sensor bertempat di bagian depan akan langsung mengirimkan sinyal dan membuat kawat mekanisme kantung udara menjadi panas.

Selanjutnya secara cepat, hasil panas tersebut menghasilkan sejumlah gas nitrogen yang mengisi airbag.

Sehingga airbag mengembang cepat, dan setelah membentur kepala pengemudi atau bagian tubuh lain, maka perlahan kantong udara mulai mengempis. Hal ini karena nitrogen yang ada di dalam kantong udara mulai keluar.

Gas nitrogen yang keluar dari airbag, bukanlah gas yang berbahaya bagi tubuh.

Hal ini karena nitrogen menyumbang sekitar 78 persen komposisi udara yang dihirup sehari-hari, berguna supaya airbag tidak menempel (lengket) ketika masih terlipat di dalam.

Sedangkan, airbag yang terpasang di samping akan aktif apabila kendaraan mengalami benturan atau tabrakan terjadi di sudut tertentu.

Penjelasannya adalah, airbag sebelah kanan tidak akan mengembang ketika bagian kiri mobil yang mengalami benturan keras, dan sebaliknya.

Fungsi airbag mobil

Pada penerapannya, sistem airbag mengembang dalam sepersekian detik untuk melindungi daerah tubuh yang vital seperti kepala, leher, dan dada.

Letak airbag itu sendiri tergantung pada tipe dan merek mobilnya, ada yang terpasang di bagian pengemudi (depan) dan ada juga yang terpasang di bagian penumpang.

Tubuh yang hanya tertahan seatbelt saat terjadi tabrakan atau benturan tanpa adanya airbag berpotensi mengakibatkan cedera parah pada kepala dan dada.

Selain menjadi salah satu fitur keselamatan mobil, airbag juga memiliki tujuan memperlambat gerak laju penumpang dalam waktu yang singkat.

Airbag sebenarnya memiliki fungsi utama untuk melindungi bagian tubuh vital seperti kepala, leher dan dada ketika terjadi benturan keras.

Sistem kerjanya seperti yang sudah dijelaskan, sensor yang menerima peringatan benturan akan melepaskan gas nitrogen untuk mengembangkan airbag.

Ciri airbag mobil bermasalah

Airbag mobil Avanza dan Pajero memiliki kemampuan yang sama. Namun baik airbag mobil Avanza dan Pajero biasanya mempunyai batasan akan daya redam mereka akan benturan.

Perbedaan lainnya antara airbag Avanza dan Pajero tentu jumlah airbag yang terpasang dalam mobil.

Namun airbag mobil Avanza dan Pajero tetap memiliki kesamaan. Baik airbag mobil Avanza dan Pajero jika mengalami masalah biasanya memiliki tanda-tanda yang sama.

Yaitu ketika indikator airbag tidak kunjung padam atau terus menyala, maka artinya ada masalah pada komponen atau hanya sekadar kelistrikan.

Umumnya masalah ini terjadi pada airbag, dan lampu indikator menyala selama 10 detik. Jika kejadian ini terus terjadi bisa jadi ada malfungsi pada sistemnya.

Ini menjadi indikasi awal untuk selanjutnya dilakukan pengecekan ke bengkel resmi. Jika tidak melakukan tindakan apapun, akan membuat airbag tidak bisa bekerja ketika terjadi benturan.

Nah sebelum masalah ini terjadi pada mobil kalian. Maka dari itu ada beberapa tips untuk menjaga agar airbag mobil kalian tetap terawat. Berikut ini adalah tips mengetahui ciri-ciri airbag bermasalah.

  1. Jika kalian melihat pada sekitaran airbag berubah bentuk, maka sebaiknya segera hubungi dealer sesegera mungkin.
  2. Kemudian jika kalian mendapati salah satu airbag menggelembung maupun tanpa adanya kondisi yang seharusnya membuatnya menggelembung atau setelah terjadi kecelakaan yang membuatnya menggelembung. Maka pada kondisi ini segera hubungi pihak dealer
  3. Terakhir adalah jika bagian daripada roda kemudi, dashboard dekat airbag penumpang depan tergores, retak atau bahkan rusak. Segera menghubungi bengkel.

Memang pada dasarnya tidak ada perawatan khusus atau rutin untuk airbag, karena masuk dalam komponen statis dan standby yang dalam kondisi tertentu baru bekerja. Namun pemilik mobil juga perlu memastikan kondisinya secara fungsi.

Cara cek kondisi airbag mobil

Cara cek kondisi airbag, sebenarnya mudah. Kalian hanya perlu melihat lampu indikator yang terletak di dashboard sebelah speedometer. Nah, lampu ini akan menyala saat kita menyalakan mobil.

Kalian bisa mengecek masalah pada sistem airbag melalui lampu ini dengan jumlah kedipan yang merupakan kode.

  • Kode 12, artinya lampu indikator berkedip sebanyak 12 kali, berarti voltase baterai lemah
  • Kode 13, artinya lampu indikator berkedip 13 kali, berarti ada masalah pada papan sirkuit airbag (korsleting)
  • Kode 14 artinya lampu indikator berkedip 14 kali, berarti ada masalah pada sensor benturan
  • Kode 21 berarti lampu indikator berkedip 21 kali, kantong udara tidak terpasang dengan benar
  • Kode 22 artinya lampu indikator berkedip 22 kali, berarti sensor benturan tak berfungsi karena voltase baterai lemah
  • Kode 23 maksudnya adalah lampu indikator berkedip 23 kali, masalah pada sirkuit sensor benturan.

Jika salah satu indikator tersebut terjadi, maka kalian wajib segera ke bengkel terdekat untuk memeriksakan masalah pada airbag tersebut. Hal ini karena masalah airbag tidak bisa diatasi sendiri, harus orang yang benar-benar memiliki kemampuan.

Tips dari Lifepal! Kantong udara mobil adalah merupakan perangkat keselamatan tambahan pada mobil. Pemasangan airbag mobil atau kantong udara bertujuan untuk meminimalisir cedera penumpang saat mobil mengalami tabrakan.

Cara cek kondisi kantong udara mobil, sebenarnya mudah. Kalian hanya perlu melihat lampu indikator yang terletak di dashboard sebelah speedometer mobil. Nah, lampu ini akan menyala saat kita menghidupkan mobil.

Pemasangan kantong udara bertujuan untuk melindungi pengemudi dan semua penumpang. Untuk melindungi mobil kesayanganmu, jangan lupa untuk memilih asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

 

Lindungi kendaraanmu dengan asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatan mobil tentu tidak murah. Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan Kalkulator Lifepal berikut ini.

Kemudian pilihlah asuransi mobil yang cocok, dengan bantuan Kuis Asuransi Mobil Lifepal di bawah ini

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Siapkan dana darurat

Dana darurat adalah sejumlah dana yang perlu kamu siapkan dalam anggaran. Dana ini nantinya dapat kamu pakai untuk menghadapi berbagai kondisi yang tidak diinginkan dalam keseharian.

Jadi dana ini hanya akan digunakan untuk keperluan darurat, yang tidak bisa teratasi dengan anggaran lainnya.

Oleh karena itu, siapkan juga dana darurat untuk keamanan finansialmu. Kamu bisa menggunakan kalkulator dana darurat berikut untuk mengetahui kebutuhan dana daruratmu setiap bulannya:

Cek uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Kita juga bisa memilih asuransi jiwa yang paling cocok dengan menggunakan kuis jenis asuransi jiwa berikut ini:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Pertanyaan seputar airbag artinya

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.