Senin, 1 Agustus 2022 – 20:21 WIB

VIVA Tekno – Youtube adalah situs berbagi video yang banyak digunakan oleh banyak penggunanya. Di Youtube dapat ditemukan berbagai video apa saja yang kamu inginkan. Youtube saat ini telah berubah arah dan menjadi platform dengan potensi bisnis yang menggiurkan.

Muengetahui fenomena yang satu ini, saat ini banyak pemilik channel Youtube yang sering disebut Youtuber, sukses meraup banyak uang dari konten-konten yang diunggah di platform berbagai video ini.

Fenomena ini tentu saja mengudang banyak orang yang tergiur untuk memiliki channel Youtube nya sendiri. Di era sekarang, memiliki channel Youtube sendiri merupakan suatu keinginan atau pencapaian sebagian orang.

Bagi kamu yang ingin merintis maupun mengalirkan kreativitasmu melalu video di Youtube, kamu bisa menyimak ulasan mengenai cara membuat channel Youtube ini.

Selain itu untuk menjadi YouTuber yang sukses, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memiliki channel YouTube sebagai tempat berkarya.

Cara membuat channel YouTube sebenarnya tidak sulit. VIVA Tekno Melansir dari berbagai sumber, berikut cara membuat channel YouTube dari handphone dan komputer atau PC.

Cara Membuat Channel YouTube di Handphone

  • Buka aplikasi YouTube di smartphone.
  • Kemudian masuk dengan menggunakan akun Google yang kamu miliki.
  • Bagi pengguna Android tidak perlu login karena sudah terintegrasi, cukup klik ikon akun yang di pojok kanan atas.
  • Selanjutnya pilih menu Saluran kamu.
  • Setelah menu pop up muncul, kamu bisa mengisi nama channel.
  • Lalu klik ‘Buat Saluran.
  • Terakhir, ubah profil foto, deskripsi saluran, dan tambahkan informasi penting lainnya seperti tautan ke media sosial lain yang kamu miliki.

Cara Bikin Channel YouTube di PC

nonton YouTube

  • Langkah pertama buka terlebih dahulu laman youtube.com di browser.
  • Kemudian login menggunakan akun Google yang kamu miliki.
  • Selanjutnya klik opsi Akunmu.
  • Langkah selanjutnya kamu bisa memilih menu Buat Saluran atau Buat saluran baru.
  • Menu pop up akan muncul, dan kamu bisa memilih nama channel sesuai akun Google atau dibuat secara custom.
  • Ceklis bagian syarat dan ketentuan.
  • Lalu klik Buat.
  • Setelah saluran selesai dibuat, kamu dapat mengganti foto profil, deskripsi saluran, dan tautan ke media sosial lainnya.

Kini kamu sudah bisa mengunggah video ke saluran tersebut.

Tips Membuat Nama Channel YouTube

Ilustrasi YouTube.

Selain konten, hal lain yang bisa penonton di YouTube yaitu nama channel yang kamu buat. Untuk kamu yang ingin memiliki nama saluran YouTube keren berikut beberapa tipsnya:

1. Menggunakan nama yang sesuai dengan konten Pilihan

Nama untuk saluran YouTube bisa diadopsi dari konten tersebut. Hal ini bertujuan agar penonton bisa langsung mengetahui jenis konten yang tersedia di channel tersebut.

Misalnya saluran kamu mengulas tentang dunia pendidikan, maka kamu bisa menggunakan unsur pendidikan dalam saluran nama tersebut. contohnya; Nucleus Medical Media, Free Animal Education, Amoeba Sisters, dan lain sebagainya.

2. Menggunakan nama sendiri

Cara untuk membuat nama channel YouTube keren lainnya yaitu dengan menggunakan nama sendiri. Dengan menggunakan nama sendiri, maka saluran yang kamu miliki akan berbeda dengan milik orang lain. Contoh saluran populer juga mengadopsi dari nama pemiliknya yaitu Raditya Dika.

3. Memlilih nama yang unik

Nama unik akan membuat channel kamu berbeda dengan orang lain. Nama yang unik juga akan membuat saluran kamu lebih mudah diingat oleh pengguna YouTube.

4. Menggunakan nama yang mudah diingat Selain unik

Nama channel YouTube juga harus mudah diingat. Dengan nama yang mudah diingat maka penonton akan terus berkunjung ke saluran yang kamu miliki.

5. Memilih nama yang mudah dibaca

Selain menggunakan nama yang unik dan mudah diingat, kamu juga harus memperhatikan ejaan dari nama saluran tersebut. Pilihlah nama saluran yang mudah untuk dieja. Hal ini mempemudah penonton kamu saat mencari channel tersebut.

6. Menggunakan nama usaha

Kamu yang memiliki usaha juga bisa memiliki channel YouTube dari nama usaha yang sedang kamu bangun. Cara ini juga menjadikan saluran Youtube yang kamu buat menjadi media promosi. Merek usaha tersebut akan lebih dikenal orang dan channel YouTube kamu juga menjadi ramai pengunjung.

7. Menggunakan tools khusus

Saat ini sudah banyak situs yang bisa membantu kamu mendapatkan nama channel YouTube dengan mudah dan tentunya keren. Kamu bisa memanfaatkan tools tersebut untuk mendapatkan inspirasi nama saluran yang populer dan menarik banyak pengguna YouTube.

Demikian beberapa hal ulasan yang Viva dapat berikan ke kamu sebelum menjadi YouTuber handal. Mulai dari cara membuat channel YouTube sampai memilih nama yang keren untuk saluran tersebut. Semoga bermanfaat dan selamat mengejar keinginan menjadi Youtuber yang handal dan keren tentunya ya!

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.