Google Meet merupakan aplikasi video telekonferensi yang dapat menampung sekitar 100 orang dalam satu sesi rapat virtual. Penggunaannya di masa pandemi semakin banyak digunakan mengingat kegiatan work from home dan sekolah online tengah digencarkan.

Menariknya, Google Meet mengizinkan pengguna mengakses layanannya secara cuma-cuma alias gratis. Baik melalui aplikasi di laptop maupun smartphone.

Syarat untuk mengakses layanan ini juga terbilang cukup mudah. Syaratnya, kamu sebagai pengguna hanya perlu memiliki akun Google.

Lantas, bagaimana cara menggunakan layanan video telekonferensi ini untuk menggelar rapat virtual?

Berikut ini adalah Langkah-langkah mudah yang dapat kamu ikuti untuk menggunakan Google Meet baik di laptop maupun smartphone.

Akses Google Meet menggunakan laptop

Akses laman meet.google.com melalui browser yang tersedia di laptop. Lalu masuk menggunakan akun Google milikmu.

Setelahnya, halaman utama layanan Meet akan muncul dengan tampilan versi desktop.

Untuk membuat ruangan virtual baru klik tombol ‘Start a meeting’ atau ‘Rapat baru’ kemudian izinkan Meet untuk mengakses mikrofon serta kamera perangkat-mu.

Kemudian klik ‘Join now’ untuk beralih ke ruang virtual yang telah dibuat.

Melalui tampilan utama ruangan tersebut, kamu bisa mengundang kerabat lewat akun Google, mengirim pesan antar sesama partisipan, membagikan slide presentasi dan membagikan tautan ruang rapat.

Akses Google Meet menggunakan smartphone

Untuk mengakses google Meet menggunakan smartphone, ada baiknya kita mengunduh terlebih dahulu aplikasi Google Meet agar penggunaan lebih mudah.

Kamu dapat menemukan aplikasi Google Meet di Play Store maupun App Store.

Selesai mengunduh dan aplikasi telah terpasang di smartphone, buka aplikasi Google meet kemudian masuk menggunakan akun Google

Setelah berhasil masuk, kamu akan dialihkan pada tampilan utama Meet.

Klik tombol ‘New meeting’ untuk membuat ruang virtual baru. Di halaman utama ruangan virtual, pengguna kemudian akan melihat tiga tab, yakni participant, message, dan information.

Tab participant dapat kamu gunakan untuk melihat daftar peserta dalam sesi rapat.

Tab message digunakan untuk mengirim pesan teks

Tab information bisa digunakan untuk melihat tautan ruang meeting yang dapat dibagikan.

Bagaimana kalau kita sebagai peserta?

Biasanya peserta akan diberikan kode meeting oleh host atau penyelenggara untuk bergabung ke dalam sesi rapat.

Caranya? Jika menggunakan laptop, kamu hanya tingal membuka situs meet.google.com dan masukan kode meeting yang diberikan pada kolom yang tersedia persis di samping ‘Start a meeting’ atau ‘Rapat baru’.

Lalu jika kamu menggunakan smartphone, kamu cukup buka aplikasi Google Meet, kemudian pada tampilan awal Meet masukan kode yang diberikan host di tombol ‘Meet code

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.