Penyebab mobil goyang saat kecepatan tinggi merupakan hal yang harus diwaspadai oleh setiap pemilik kendaraan mengingat gangguan tersebut adalah tanda akan adanya bagian yang tidak beres pada bagian mesinnya.

Sebab, mobil yang bergoyang atau limbung saat kecepatan tinggi ini tentu akan sangat mengganggu kenyamanan dan keamanan seseorang yang ada di dalamnya baik penumpang ataupun pengemudi.

Umumnya, hal ini dapat terjadi karena usia mobil yang sudah lama ataupun jarang melakukan perawatan secara rutin.

Namun lebih spesifik dari itu, penting untuk mengetahui penyebab mobil goyang saat kecepatan tinggi agar masalah dapat segera diatasi dengan baik.

Jika kamu merasa mobil goyang saat kecepatan tinggi, maka simak daftar penyebabnya pada artikel di bawah ini!

Ini penyebab mobil goyang saat kecepatan tinggi

Mobil terasa goyang saat jalan tentu menandakan bahwa kendaraan sedang dalam kondisi yang kurang aman untuk dikendarai. Sebab, goyangan ini dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan jika dibiarkan begitu saja hingga semakin parah.

Namun sebelum mengetahui cara mengatasi masalah tersebut, penting untuk mencari tahu terlebih dahulu apa saja kemungkinan penyebab mobil goyang saat kecepatan tinggi sehingga dapat kamu hindari ataupun menentukan jenis perawatan yang tepat.

Jika terjadi permasalahan tersebut pada mobilmu terutama saat kecepatan tinggi, berikut adalah beberapa penyebabnya yang harus kamu perhatikan, diantaranya adalah:

1. Velg rusak, salah satu penyebab mobil goyang saat kecepatan tinggi

Kerusakan pada velg dapat menjadi salah satu penyebab mobil goyang saat kecepatan tinggi. Dimana tekanan angin pada ban berkurang hingga di bawah standar inilah yang menjadi sumber kerusakannya.

Kerusakan pada velg ini dapat terjadi karena mobil pernah mengalami tabrakan ataupun melewati jalan berlubang serta berbatu sehingga menyebabkannya robek ataupun penyok.

Jadi tidak heran kenapa mobil menjadi tidak stabil dna terus bergoyang saat dikendarai.

2. Kondisi ban menggelembung

Selain velg yang rusak dan penyok, kemungkinan penyebab mobil goyang saat kecepatan tinggi lainnya adalah kondisi ban yang mengalami penggelembungan.

Ban yang menggelembung ini akan menyebabkan setir menjadi goyang bahkan saat dikendarai dalam kecepatan rendah sekalipun.

Umumnya, ban bergelembung ini disebabkan karena sudah melewati usia pakainya karena penggunaan yang cukup intens.

Sekaligus karena kebiasaan pengemudi yang tetap mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi bagikan di halaman yang rusak sekalipun.

Jadi, penting untuk segera mengganti ban mobil jika sudah bergelembung agar tidak berbahaya bagi keselamatan pengendaranya.

3. Kampas kopling aus

Mobil terasa goyang saat jalan juga dapat disebabkan oleh kampas kopling yang aus.

Pada sistem kopling sendiri terdapat 3 komponen penting mulai dari flywheel, penutup kampas dan juga kampas kopling.

Dimana, jika terjadi getaran umumnya disebabkan oleh permukaan flywheel yang tidak rata dan aus.

Jadi, kamu perlu untuk mengganti set kopling dan menghaluskan permukaan flywheel langsung di bengkel agar ditangani oleh teknisi yang sudah berpengalaman dalam menangani masalah tersebut.

4. Kerusakan pada bagian axle

Axle merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki fungsi untuk mensuplai tenaga menuju roda. Umumnya axle hanya mengalami kerusakan jika mobil jarang digunakan atau dipanaskan.

Selain itu, axle juga dapat rusak karena kebiasaan dalam berkendara terutama sering melewati jalanan rusak dengan kecepatan tinggi.

5. Adanya masalah pada link stabilizer

Apabila terjadi mobil goyang saat kecepatan tinggi maka sumber masalahnya bisa jadi dari link stabilizer.

Pada kendaraan sendiri, link stabilizer memiliki fungsi utama untuk menahan guncangan kendaraan saat melewati medan yang tidak rata agar tetap kokoh saat dikendarai.

Salah satu cara untuk melakukan pengecekan pada kondisi link stabilizer adalah dengan memeriksa apakah komponen ini sudah terpasang dengan benar atau belum. 

Kemudian, cek juga bagian ujung ball joint dari komponen ini dan segera menggantinya dengan yang baru jika telah terjadi kerusakan seperti retak, pecah dan juga oblak.

6. Permukaan mobil yang tidak rata

Penyebab mobil goyang saat kecepatan tinggi yang terakhir yaitu adalah kemungkinan permukaan mobil yang sudah tidak lagi rata atau mulus.

Karena itulah, sangat penting untuk melakukan perawatan rutin secara berkala termasuk juga pada ban mobil dengan proses balancing dan spooring sehingga kendaraan dapat kembali dikendarai dengan optimal.

Cara menghindari penyebab mobil goyang saat kecepatan tinggi

Ada beberapa cara untuk mengatasi berbagai masalah mobil goyang saat kecepatan tinggi yang dapat dilakukan dengan mudah, diantaranya adalah:

1. Mengganti komponen mobil yang sudah mengalami kerusakan

Jika sudah terlanjur mengalami kerusakan sehingga menyebabkan mobil goyang saat kecepatan tinggi, maka penting untuk mencari tahu penyebab utama masalahnya. 

Umumnya, masalah utama dari gangguan ini adalah karena beberapa komponen di dalamnya yang sudah mengalami masalah sehingga harus segera diganti dengan yang baru agar performa kendaraan dapat kembali dengan optimal.

Baik itu kampas kopling yang sudah aus, velg rusak atau penyok, ban menggelembung karena pemakaian kasar, hingga kerusakan pada axle seluruhnya dapat diganti atau diperbaiki dengan yang baru sesuai dengan rekomendasi dari bengkel kepercayaanmu.

2. Rutin melakukan spooring dan balancing

Salah satu perawatan rutin kendaraan yang harus dilakukan agar mobil tetap dapat melaju dengan lurus dan stabil yaitu adalah tindakan Spooring dan balancing.

Jika kamu tidak pernah melakukan perawatan yang satu ini, umumnya laju mobil akan terasa mulai berubah dan sering goyang saat dikendarai.

Perawatan ini dilakukan juga untuk menyeimbangkan bagian mobil yang dirasa kurang stabil sehingga bagian roda kanan dan kiri mobil dapat terasa seibang dan selaras saat dikendarai.

Selain itu, kedua layanan ini merupakan service satu paket dimana spooring akan dilakukan terlebih dahulu kemudian disempurnakan dengan balancing.

Tips dari Lifepal! Penyebab mobil goyang saat kecepatan tinggi merupakan hal yang harus diwaspadai oleh setiap pemilik kendaraan. 

Sebab gangguan ini tidak hanya mengurangi kenyamanan saat berkendara namun juga keamanan sehingga penting untuk melakukan perawatan mobil secara rutin agar dapat meminimalisir terjadinya hal tersebut di masa depan.

Beberapa penyebab mobil goyang saat kecepatan tinggi yang perlu kamu waspadai ini mulai dari indikasi kerusakan pada bagian velg, ban, kampas kopling, axle hingga link stabilizer.

Agar lebih mudah, kamu dapat melakukan pengecekan masalah ini langsung ke bengkel untuk meminimalisir diagnosa yang salah.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Manfaat memiliki asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Cek uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Pertanyaan seputar penyebab mobil goyang saat kecepatan tinggi

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.