Dinilai Berkontribusi Besar pada Pengembangan Kompetensi ASN

JawaPos.com – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa kembali meraih penghargaan atas kinerjanya memimpin Jatim. Kali ini dia dianugerahi Widyaiswara Kehormatan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Penghargaan bergengsi tersebut diserahkan langsung oleh Plt Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Mahfud MD dalam acara puncak ulang tahun ke-65 LAN di Jakarta kemarin (9/8). Widyaiswara Kehormatan itu diberikan atas kontribusi dan dedikasi tinggi Khofifah terhadap pengembangan kompetensi aparatur sipil negara (ASN), terutama di Jatim.

Ditemui setelah menerima penghargaan, Khofifah mengaku tidak mengetahui detail penilaian yang dilakukan. Sebab, hal itu menjadi kebijakan penuh Kepala LAN Adi Suryanto bersama tim. Namun, terkait dengan kontribusinya dalam pengembangan kompetensi ASN, Khofifah mengamini bahwa dirinya memang kerap menjadi pemateri dalam acara pendidikan dasar (diksar) ASN. Hal itu berjalan sejak 1999. ”Saya memang selalu ingin membagi ilmu sekecil apa pun sebagai bagian dari proses pembelajaran,” paparnya.

BANGGA: Khofifah menerima penghargaan dari Lembaga Administrasi Negara yang diserahkan langsung oleh Plt Menteri PANRB Mahfud MD di Jakarta kemarin (9/8). (HUMAS KEMENPANRB)

Saat menjabat gubernur pun, Khofifah hampir tak pernah absen datang dalam acara diklatsar untuk para ASN. Bahkan, ketika baru pulang dari ibadah haji, dia langsung datang pada acara penutupan. ”Harapan saya untuk mentransformasikan apa yang mungkin bisa memberikan manfaat. Dari pengalaman saya mungkin ada best practice yang bisa diambil,” sambungnya.

Selain itu, kedatangannya dalam acara diklatsar memastikan para ASN tahu betul core values. Misalnya, ASN berakhlak yang dicetuskan Presiden Joko Widodo. Lalu, Cetar hingga Optimis Jatim Bangkit yang digaungkan terkait dengan pelayanan di seluruh wilayah Jatim. ”Para ASN saat diklat harus paham. Bukan hanya hore-hore, salam Optimis Jatim Bangkit. Tapi tahu semua. Kalau tidak dijelaskan, dipikir hanya yel-yel,” tegasnya.

Selain Khofifah, pemprov juga menerima penghargaan lain dalam momen tersebut. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemprov Jatim dianugerahi penghargaan Lembaga Pelatihan Pemerintah Daerah Berprestasi Tahun 2022 dengan tema human capital strategic partnership.


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.