Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO – Pameran dunia filateli Indonesia 2022 sejak 4 Agustus berakhir kemarin (9/10/2022) telah berlangsung dengan baik, bisa dikatakan bagus oleh banyak orang, namun masih perlu pula melihat adanya catatan di sana sini.

Berikut komentar, kesan, dan harapan dari banyak orang yang terlibat dan menyaksikan serta mengamati pameran filateli dunia yang kedua kali di Indonesia tersebut.

Wakil Ketua DPR RI Bidang Korinbang, Rachmat Gobel memuji penyelenggaraan pameran dan kompetisi prangko tingkat internasional tersebut. Menurutnya, saat ini dunia membutuhkan kerja sama semua pihak.

“Membuka lembar-lembar prangko akan membuka cakrawala kita tentang masa lalu. Memahami masa lalu dengan benar, berarti kita bisa merancang masa depan secara lebih benar,” katanya, Minggu, 7 Agustus 2022 saat malam Palmares pengumuman pemenang pameran World Stamp Championship and Exhibition Indonesia 2022.

Acara kompetisi dan pameran prangko ini diadakan oleh Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) dengan kolaborasi  Federation on Inter-Asian Philately (FIAP), dan Federation Internationale de Philatelie (FIP).

Kegiatan yang berlangsung di Jakarta International Expo ini diikuti peserta dari 65 negara. Senin, 8 Agustus 2022, Gobel meninjau lokasi pameran untuk melihat prangko-prangko, kartu pos, benda bersejarah sejenis lainnya.

Dirut Pos Indonesia (duduk kedua dari kiri) bersama pimpinan filatelis sedang diskusi di dalam booth pameran dunia filateli  Indonesia2022 di JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat (Ist)

Melalui koleksi prangko, kata Gobel, kita bisa belajar dan mengkaji tentang sesuatu. Karena gambar-gambar dan tulisan di prangko, katanya, berisi gedung, bangunan, tokoh, dan peristiwa di suatu masa di suatu tempat.

“Prangko adalah jendela, bahkan teropong untuk melihat ke belakang. Dari prangko kita akan dibawa ke semesta yang luas. Kita bisa berefleksi ke masa sekarang dan masa depan,” katanya.
Isman Budiman seorang eksekutif muda Indonesia dan filatelis juga mengakui keberhasilan pameran tersebut.

“Kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah Indonesia 2022 (pameran filateli berskala dunia) sungguh membanggakan kita semua terutama bagi kalangan filatelis Indonesia,” ungkap Isman kepada Tribunnews.com kemarin (9/8/2022).


Artikel ini bersumber dari www.tribunnews.com.