E wallet adalah inovasi yang memudahkan transaksi keuangan digital. Perkembangan teknologi semakin kemudahan beraktivitas bagi manusia. Salah satunya kemudahannya adalah dalam hal bertransaksi. Selain pembayaran secara tunai atau cash, kini telah berkembang pembayaran menggunakan dompet digital atau e-wallet untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

E wallet adalah layanan yang memungkinkan Anda melakukan transaksi keuangan tanpa harus bertemu langsung dengan pihak yang terkait. Kini, metode pembayaran e-wallet juga sudah bisa Anda nikmati sebagai pelanggan maupun pemilik bisnis di GoStore. Memangnya, seperti apa layanan dari e-wallet? Apa saja keuntungannya? Yuk, simak jawabannya dalam ulasan berikut ini!


Apa itu e Wallet?

Pengertian dan Keuntungan untuk Bisnis

E wallet adalah perangkat elektronik atau aplikasi yang dapat dipakai untuk membeli suatu barang atau jasa secara online. e-Wallet atau yang kita kenal sebagai dompet digital berperan sebagai salah satu instrumen pembayaran sekaligus penyimpanan data transaksi.

E wallet adalah salah satu financial technology (fintech) yang menyimpan uang secara digital dan bisa digunakan untuk bertransaksi baik itu secara online maupun offline dengan adanya fitur QR code. Tidak hanya mempermudah sebagai alat pembayaran, terkadang e-wallet juga dapat dijadikan sebagai alat verifikasi terhadap aktivitas jual beli.

Pada dasarnya, fungsi e-wallet sama persis layaknya dompet fisik yang digunakan sebagai metode pembayaran yang aman. Pembayaran menggunakan e-wallet membuat seseorang dapat melakukan pembayaran secara cashless.

Baca juga: Tips Memanfaatkan Perkembangan E-Wallet untuk Bisnis Kedai Kopi


Keuntungan Menggunakan e Wallet adalah Sebagai Berikut

Penggunaan e-wallet tentunya akan mempermudah kita dalam melakukan transaksi secara online. Kemudahan ini akan mendatangkan keuntungan-keuntungan, khususnya bagi Anda pelaku bisnis.

1. Proses transaksi lebih praktis

E wallet jauh lebih praktis penggunaannya dibandingkan dengan uang tunai. Pembayaran relatif lebih cepat dilakukan hanya dengan pemindaian pada barcode yang telah Anda siapkan sebagai penjual. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot-repot menyediakan uang fisik seperti uang koin atau kertas untuk persiapan ketika terdapat transaksi dengan uang kembalian karena nominal yang ditransferkan akan sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

2. Menghindari resiko uang palsu

Seperti yang kita tahu bahwa transaksi menggunakan uang fisik memiliki risiko tinggi terhadap kasus peredaran uang palsu. Adanya penggunaan e-wallet ini akan mengurangi risiko tersebut dari pelanggan, sebab uang akan langsung ditransferkan dan terjamin keasliannya.

Baca juga: Cara Melakukan Transaksi dengan Pembayaran Digital di Aplikasi Moka

3. E wallet adalah dompet dengan keamanan terjamin

Sebelum dapat menggunakan e-wallet, setiap orang yang memiliki dompet digital terlebih dahulu harus melakukan verifikasi data dengan identitas yang sesuai dan benar. Selain itu, terdapat juga fitur keamanan yang dapat diaktifkan, seperti verifikasi PIN, sidik jari, hingga pemindaian wajah. Hal ini tentu menghindarkan Anda dari adanya tindak kecurangan maupun pencurian uang.

4. Fleksibel

Menggunakan e-wallet kini lebih fleksibel dan memungkinkan Anda melakukan berbagai transaksi kapan saja dan di mana saja. Mulai dari membayar tagihan, membayar karyawan, pembelian bahan baku, hìngga memperbesar investasi melalui dompet digital, semuanya bisa dilakukan secara praktis dan aman.

5. Bisa buat promo-promo menarik

E wallet adalah layanan yang bisa mempermudah transaksi yang kini banyak digandrungi oleh masyarakat. Hal ini tentunya bisa Anda manfaatkan sebagai pelaku bisnis untuk menarik perhatian pelanggan salah satunya dengan membuat berbagai promo menarik. Anda bisa bekerja sama dengan dompet digital untuk mengadakan promo seperti menyediakan diskon atau promo menarik lainnya yang bisa didapatkan pengguna.

6. Ada catatan transaksi

Penggunaan e-wallet juga akan mempermudah Anda dalam memantau pemasukan maupun pengeluaran bisnis Anda. Terdapat fitur yang akan memberikan rincian riwayat transaksi yang mudah dan jelas, sehingga Anda tidak perlu risau akan salah perhitungan dalam pembukuan bisnis Anda.

Baca juga: Menyambut Era Cashless Society, Ini Manfaat Fitur Mobile Payment Moka


Jadi, Anda sudah paham bahwa e wallet adalah layanan elektronik yang dapat dipakai untuk membeli barang atau jasa secara online? Selain menyediakan layanan e-wallet pada bisnis yang Anda bangun, ada baiknya Anda juga buat website toko online agar dapat memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik kepada pelanggan.

Anda bisa membuat website dengan mudah dan praktis di GoStore. Di sana, disediakan berbagai promo menarik untuk Anda selain adanya kemudahan pembayaran. 

 

Buat website ecommerce


Artikel ini bersumber dari blog.mokapos.com.