Suara.com – Pada bulan safar, Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk melaksanakan amalan baik setiap hari. Alasan kenapa kita tetap perlu melakukan amalan baik di Bulan Safar adalah karena bulan Safar juga merupakan baik yang sama dengan bulan-bulan lainnya. Apa saja amalan bulan Safar itu?

Oleh karena itu, dianjurkan untuk meningkatkan amalan-amalan baik setiap hari dan berikut ini beberapa anjuran amalan bulan Safar yang sebaiknya dilaksanakan dengan setulus hati.

1. Shalat Empat Raka’at di Hari Rabu Terakhir Bulan Safar

Ada amalan shalat empat rakaat di hari rabu terakhir pada bulan safar. Shalat ini dapat dilaksanakan sendiri maupun berjama’ah. Berikut ketentuan shalat empat raka’at di hari Rabu bulan safar: 

Baca Juga:
Perang Hingga Hijrah Rasulullah, Ini Peristiwa Penting di Bulan Safar

a) shalat empat raka’at dengan dua kali salam 

b) melafalkan surat pendek surat Al-kautsar 17 kali 

c) melafalkan surat al-ikhlas 5 kali d) melafalkan surat al-falaq dan an-Nas, masing-masing 1 kali 

Adapun niat shalat empat raka’at di hari Rabu terakhir bulan safar adalah sebagai berikut:

Usholli sunnatal lidaf’il balaa rokatainii lillaahi ta’ala

Baca Juga:
Sejarah Bulan Safar yang Sering Dianggap Jadi Bulan Sial

Artinya: Aku berniat shalat menghilangkan balai dua raka’at sunnat karena Allah SWT.

2. Membaca Al-Qur’an

Meningkatkan amalan bulan safar seperti membaca Al-Qur’an juga sangat dianjurkan. Dengan memperbanyak amalan bacaan Al-Qur’an, hati kita juga bisa senantiasa terjaga untuk tetap tenang. Saran meningkatkan amalan bulan Safar berikut ini terdapat dalam Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, Ibnu Katsir yang berbunyi,

“Allah telah mengkhususkan empat bulan dari kedua belas bulan tersebut. Dan Allah menjadikannya sebagai bulan yang suci, mengagungkan kemuliaan-kemuliaannya, menjadikan dosa yang dilakukan pada bulan tersebut lebih besar (dari bulan-bulan lainnya) serta memberikan pahala (yang lebih besar) dengan amalan-amalan shalih.” 

Maka dari itu, kalau meningkatkan amalan baca Al-Qur’an pada bulan Safar, tidak hanya akan mendapatkan pahala dan ketenangan, tapi juga menjadikan dosa-dosa kecil yang tidak kita sadari dihapus oleh Allah SWT. 

3. Perbanyak Istighfar

Agar kita bisa terhindar dari rasa curiga dan mudah marah karena kehidupan sehari-hari kadang memberi kita pengalaman tak terduga, maka disarankan untuk senantiasa membaca istighfar. Memperbanyak istighfar di bulan safar dapat menjadi usaha taubat kepada Allah SWT dan Allah SWT akan menjaga kita dari perbuatan maksiat. 

4. Perbanyak sedekah

Sama seperti bulan-bulan lainnya, bahwa kita dianjurkan untuk bersedekah. Rasulullah SAW bersabda, ”Bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya bala tidak pernah mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. Dan obatilah penyakitmu dengan sedekah.”

5. Bershalawat kepada Nabi dan Allah SWT

Pada bulan safar kita dianjurkan untuk meningkatkan tawakal kepada Allah SWT. Salah satu caranya adalah dengan membaca sholawat kepada Nabi dan Allah SWT. 

Allah SWT berfirman, “Dan kepunyaan Allah-lah apa yang gaib di langit dan di bumi dan kepada-Nya-lah dikembalikan urusan-urusan semuanya, sembahlah Dia dan bertawakalah kepada-Nya. Dan sekali-kali Tuhanmu tidak lalai dari apa yang kamu kerjakan.”(QS. Huud : 123)

Demikian itu lima amalan bulan safar yang dapat disarankan, untuk diamalkan nanti.

Kontributor : Mutaya Saroh


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.