Mengikuti kegiatan volunteer menjadi salah satu alternatif para pelajar atau mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman di luar kegiatan sekolah atau kampus.

Sebagai informasi, volunteer atau sukarelawan sendiri merupakan orang yang melakukan sesuatu dengan sukarela. Volunteering merupakan suatu program dimana seseorang bisa bekerja menjadi sukarelawan tanpa adanya bayaran, mengacu pada apa kegiatan yang dilakukan.

Oleh karenanya, biasanya dalam proses perekrutan, program volunteer lebih condong memilih anggota yang bisa bekerja dalam jangka waktu tertentu.

Volunteer sendiri biasanya ada pada saat ajang perhelatan akbar, bencana alam yang terjadi di suatu daerah, dan masih banyak lagi. Jadi bisa dikatakan bahwa volunteer tidak hanya membantu atau turut berpartisipasi pada ajang bergengsi saja, tetapi juga berpartisipasi dalam kegiatan yang sifatnya sosial.

Baca Juga:
Ngakak! Viral Mahasiswi Tak Bisa Mematikan Filter Bulu Mata ‘Badai’ Pada saat Ospek Online

Mengikuti kegiatan volunteer memiliki prosedur yang hampir sama layaknya melamar pekerjaan seperti biasa. Para pelamar mengirimkan email berisi CV atau portofolio untuk kemudian diperiksa oleh HRD perusahaan.

Namun, kebanyakan perusahaan kerap kali tidak memberi kejelasan apabila para pelamar dinyatakan tidak lolos. Para pelamar yang dinyatakan tidak lolos biasanya hanya diberitahu bahwa ia tidak lolos perekrutan atau bahkan tidak memberikan balasan email.

Hal tersebut berbeda dengan yang dialami oleh seorang warganet. Dalam akun Twitter collegemenfess, ia menceritakan bahwa dirinya baru saja mendaftar volunteer.

Dalam cuitan tersebut, sender (sebutan untuk pengirim cuitan) mengungkapkan bahwa ia sedih karena tidak diterima volunteer tersebut. Namun, ia merasa senang karena ia mendapatkan balasan yang membuat ia justru merasa terbantu.

Sender habis daftar volunteer wkwk, sedih gak keterima tapi seneng emailnya keren banget?! Jadi tau bagian mana yang bikin gak lolos, biasanya di ghosting tanpa alasan. Menurut sender HRD nya keren banget [cm],” tulisnya dalam akun tersebut.

Baca Juga:
Aksi Pria Manfaatkan Laher Motor untuk Dijadikan Cincin Bawa Petaka, Untung Tim Damkar Sigap Bantu

Dalam cuitan tersebut, sender juga menyertakan sebuah gambar berisi balasan email perusahaan yang ia lamar untuk menjadi volunteer.

Tampak dalam gambar tersebut, HRD menjelaskan mengapa pelamar tersebut tidak lolos dalam proses perekrutan. Bahkan, HRD juga membantu pelamar untuk memperbaiki CV agar bisa menjadi lebih baik.

Hai, ****

Terima kasih kami ucapkan karena kamu sudah tertarik serta mendaftarkan diri pada Open Recruitment Volunteer Batch 3 di ********. Mohon maaf kami ucapkan bahwa kamu belum memenuhi kualifikasi pada tahapan screening CV. Pengalaman pada CV kamu sangat menarik perhatian kamu tetapi sayang sekali beberapa aspek pada CV kamu belum sesuai dengan apa yang kami butuhkan.

Sebagai langkah kami untuk mengembangkan kompetensi generasi muda di Indonesia izinkan kami memberikan beberapa masukan pada penyusunan CV kamu dengan harapan masukan ini dapat kamu jadikan sebagai langkah perbaikan dalam mendaftarkan program lainnya diluar sana!

Beberapa poin pada CV kamu yang bisa kamu perbaiki:

  1. Berikan deskripsi penjelasan dan jelaskan prestasi apa yang sudah kamu berikan saat kamu berada di suatu posisi pada pekerjaan
  2. Cek lagi file yang diunggah apakah sudah sesuai yang diperintahkan atau belum, jangan sampai mengunggah file lain yang tidak semestinya
  3. Saat mendaftar pada suatu posisi, susun pengalaman kamu sesuai dengan jobdesc pekerjaan yang kamu pilih
  4. Tonjolkan kelebihan kamu pada kolom skill atau pemaparan pengalaman dan jangan takut gagal, habiskan jatah gagalmu di masa muda agar kelak di masa mendatang kamu akan mendapatkan banyak pelajaran!

See you in another chance, jangan lupa untuk follow Instagram @****** untuk kabar terbaru selanjutnya

Best regards

*******”

Respon HRD tersebut sontak menuai komentar positif dari masyarakat. Tak sedikit masyarakat yang turut menyanjung HRD tersebut.

Iya kan, begini enak banget kalo kataku, jadi ada alasan yang sangat kelas gitu kenapa sih kita tuh gak kepilih, buat kesempatan selanjutnya, sama kalo kita pas ngelamar kerja, kalo misal detailnya, berguna kalo mau nyari kerja lagi, salut sama HRD/Recruiternya,” ujar salah satu warganet.

Baik banget, ngasih tahu poin yang perlu diperbaiki dari CV + ngasih motivasi yang menghangatkan juga. Semoga sehat dan bahagia selalu untuk HRDnya, amiin,” timpal warganet.

Kalau kaya gini kan enak, kita jadi tau kesalahan saat mengisi CV itu apa aja, salut buat HRDnya,” imbuh warganet.

Perusahaan yang menghargai karyawan atau calon karyawan biasanya karyawan akan menghargai dan sepenuh hati bekerja, good banget hrd nya,” tambah warganet.

Keren banget, gue daftar volunteer di komunitas cuma dibilang ditolak. HRD nya effort banget, emang pengen kamu maju nder baik banget. Panjang umur tim HRD nya,” tulis warganet.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.