Sleman, Yogyakarta (ANTARA) – Pelatih tim nasional U-16 Indonesia Bima Sakti mengharapkan gelandang bertahan Mokhamad Hanif Ramadhan tampil dalam final Piala AFF U-16 melawan Vietnam esok Jumat setelah absen dalam semifinal karena cedera.

“Mudah-mudahan Hanif bisa lebih fit di final,” ujar Bima di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu malam tadi.

Hanif merupakan kepingan penting di lini tengah  U-16 Indonesia karena posisinya sebagai gelandang bertahan membuat pesepak bola berusia 15 tahun itu menyeimbangkan permainan skuad.

Penampilan pertama Hanif dalam turnamen ini terjadi saat malawan Filipina kala masuk pada babak kedua  menggantikan Achmad Zidan.

Setelah itu, Hanif selalu tampil sejak menit awal pada dua laga Grup A lainnya melawan Singapura dengan melesakkan satu gol, dan versus Vietnam.

Indonesia selalu menang pada tiga laga tersebut sehingga lolos ke semifinal melawan Myanmar, namun Hanif tidak masuk daftar susunan pemain melawan Myanmar.

Baca juga: Bima Sakti minta kiper Andrika Rachman tak ulangi kesalahan

“Hanif sempat cedera kemarin ketika melawan Vietnam. Dia digantikan begitu babak pertama selesai karena mengalami memar,” kata Bima.

Untuk menggantikan Hanif, Bima memasukkan Muhamad Sultan Akbar. Sultan kemudian ditarik keluar pada menit ke-63 untuk memberikan tempat kepada Achmad Zidan.

“Saya melihat Akbar lebih siap. Sebenarnya masih ada lagi Femas (Femas Crespo). Jadi banyak pilihan (untuk gelandang bertahan). Saya tidak ragu dengan para gelandang saya,” kata Bima.

Indonesia melaju ke final setelah menundukkan Myanmar 5-4 (1-1) lewat adu penalti dalam semifinal tadi malam.

Mereka akan ditantang Vietnam dalam partai puncak di Stadion Maguwoharjo, Sleman, yang menundukkan Thailand 2-0 dalam semifinal lainnya.

Baca juga: Kemenangan Indonesia atas Vietnam dalam fase grup bukan patokan

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.